Ramdhani, Muhammad Afi (2024) Pengembangan Multimedia Pembelajaran “Pissa” Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Belajar Materi Statistika Kelas XII. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2620059_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2620059_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan penting untuk mengembangkan potensi individu dalam pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Multimedia pembelajaran, seperti PISSA membantu meningkatkan mutu pendidikan dengan mengubah suasana belajar menjadi lebih menarik dan interaktif. Meskipun banyak siswa masih kesulitan dalam memahami konsep matematika, inovasi multimedia seperti PISSA dapat membantu mereka memahami materi dengan lebih cepat dan efektif. Sebuah penelitian pengembangan bertujuan untuk menningkatkan pemahaman konsep siswa dalam statistika menggunakan multimedia pembelajaran PISSA. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga, yaitu untuk mengetahui apakah multimedia pembelajaran PISSA memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa multimedia pembelajaran yang diberi nama PISSA dengan berbasis Adobe Flash Professional CS6 yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kegunaan penelitian ini adalah untuk membuat siswa menjadi lebih aktif, mandiri, dan dapat membantu dalam meningkatkat pemahaman konsep siswa dalam belajar materi statistika kegunaan bagi guru yaitu memberikan bahan ajar alternative dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dan model pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE atau analysis, design, development, implementation, evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran PISSA termasuk dalam kategori sangat valid dengan presentase 78% dari ahli media dan 92% dari ahli materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran PISSA termasuk dalam kategori sangat praktis dengan presentase 98% dari respon guru dan 84% dari repon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran PISSA termasuk dalam kategori sangat efektif dengan presentase 24% pada hasil pre-test dan 82% pada hasil post-test. Terdapat kenaikan nilai rata-rata yaitu 58%, hal ini membuktikan bahwa multimedia pembelajaran PISSA efektif untuk digunakan sebagai media belajar dalam pembelajaran statistika kelas XII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran, PISSA, Pemahaman Konsep | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:30 | ||||||||
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7437 |
Actions (login required)
View Item |