HANIK, UMMU (2015) Pola asuh orang tua dalam membina kepribadian anak di Dukuh Galang Wold Galang Pengampon Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111014 UMMU HANIK BAB I - V DAN LAMP .PDF Download (5MB) |
|
Text
2021111014 UMMU HANIK BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan sederhana yang peneliti lakukan, warga Dukuh Galang Wolu masih belum begitu paham mengenai bagaimana cara mendidik atau mengasuh anak yang baik. Hal ini terlihat dari banyaknya orang tua yang kurang memperhatikan serta mengawasi kegiatan yang anak lakukan. Orang tua juga kurang terlibat dalam tugas sekolah anak. Anak lebih banyak mengerjakan tugasnya sendiri. Karena kurangnya pengawasan serta keterlibatan orang tua di Dukuh Galang Wolu tersebut, akhirnya mengakibatkan anak harus melakukan kegiatan-kegiatannya sendiri. Padahal anak masih memerlukan arahan dari orang tua untuk dapat mengenal dan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Lingkungan seperti apapun kondisinya yang ada disekitar anak itulah yang pada nantinya akan berpengaruh pada kepribadian anak. Apalagi ditambah majunya teknologi yang saat ini mulai masuk di Dukuh Galang Wolu. Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini antara lain: (1) Bagaimana tipe kepribadian anak di Dukuh Galang Wolu Galang Pengampon Wonopringgo Pekalongan? (2) Bagaimana penerapan pola asuh orang tua dalam membina kepribadian anak di Dukuh Galang Wolu Galang Pengampon Wonopringgo Pekalongan? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan tipe kepribadian anak di Dukuh Galang Wolu Galang Pengampon Wonopringgo Pekalongan. (2) Untuk mendeskripsikan penerapan pola asuh orang tua dalam membina kepribadian anak di Dukuh Galang Wolu Galang Pengampon Wonopringgo Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan pola asuh orang tua dalam membina kepribadian anak. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi orang tua agar lebih tepat dalam mengasuh dan mendidik anak, dan sebagai panduan bagi orang tua agar memberikan pendidikan kepada anaknya dengan baik, karena orang tua merupakan tempat penentu kepribadian anak nantinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasinya yaitu di Dukuh Galang Wolu Desa Galang Pengampon Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data-data kualitatif peneliti menggunakan pola berpikir induktif, yaitu pola berpikir yang bertindak dari fakta• fakta khusus kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum. vii Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian anak di Dukuh Galang Wolu Galang Pengampon Wonopringgo Pekalongan beraneka ragam. Terdapat lima anak yang lebih dominan pada tipe kepribadian sanguin. Mereka mempunyai kepribadian yang semangat, peramah dan periang dalam pergaulan, umumnya cukup pemberani, selalu senang pada permainan dan hiburan, bertindak sesuai emosinya atau keinginannya, serta kurang bisa menguasai diri. Dua anak lebih dominan pada tipe kepribadian flegmatik. Mereka cenderung tenang, pendiam, tidak mudah marah, pergaulannya kurang lancar, serta ada kecenderungan untuk mengambil mudahnya dan tidak mau susah. Satu anak lebih dominan pada tipe kepribadian melankolik, yang ditandai dengan perasaannya yang kuat, sangat sensitif, dan sangat mudah dikuasai oleh perasaan. Dan satu anak lebih dominan pada tipe kepribadian kolerik, dia mampu rnelaksanakan tugas dengan setia dan bertanggung jawab atas tugas yang diembannya, namun dia mempunyai kekurangan yaitu kurang mampu rnerasakan perasaan orang lain, kurang mampu mengembangkan rasa kasihan kepada orang yang sedang menderita, dan perasaann ya kurang bermain. Selanjutnya, terdapat tiga macam pola asuh yang diterapkan orang tua di Dukuh Galang Wolu, yaitu pola asuh demokratis, pola asuh permisif, dan pola asuh otoriter. Pola asuh demokratis yang diterapkan sebagian orang tua di Dukuh Galang Wolu yaitu orang tua memberi kebebasan kepada anak untuk bergaul dengan siapapun, tetapi tetap mengawasi dan mengontrol kegiatan anak, memberikan respon terhadap perilaku positif yang dilakuk: an oleh anak, tidak memberi batasan kepada anak untuk melanjutkan sekolah dimana, serta menerapkan aturan kepada anak yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Anak dengan pola pengasuhan orang tua yang demokratis akan menunjukkan sikap atau perilaku tanggung jawab yang besar dan anak-anak cenderung lebih mudah berkembang dengan baik. Selanjutnya pola asuh perrnisif yang diterapkan oleh sebagian orang tua di Dukuh Galang Wolu yaitu orang tua cenderung tidak memperhatikan apa yang dilakukan anaknya serta memberikan kebebasan kepada anak, kurang menuntut sikap tanggung jawab dan keteraturan perilaku anak, dan ketika anak melakukan suatu hal yang baik orang tua jarang memberi hadiah atau pujian kepada anak. Anak-anak di Dukuh Galang Wolu yang diasuh dengan pola asuh permisif ini cenderung lebih terbiasa mandiri, cenderung lebih bebas, tidak bisa mengontrol waktu dan sikap, serta anak menjadi kurang bertanggung jawab terhadap aturan yang diterapkan keluarga. Dan pola asuh otoriter yang diterapkan orang tua di Dukuh Galang Wolu adalah bersikap keras dalam mengasuh anak, memberikan aturan-aturan yang harus dikerjakan anak, memberikan kebebasan kepada anak ketika anak ada tugas sekolah atau ada jadwal try out. Dalam kaitannya dengan pergaulan anak juga ada batasan waktu bermain anak. Orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter membuat anak merasa terkekang dan cenderung agresif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Kepribadian Anak | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370.1 Philosophy and Theory of Education/Filsafat dan Teori Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2024 04:16 | ||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2024 04:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7491 |
Actions (login required)
View Item |