Ariska, Ila (2015) Peran guru PAI dalam membina hubungan sosial antar peserta didik di SMK Baitussalam Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111023 ILA ARISKA BAB I - V DAN LAMP.PDF Download (4MB) |
|
Text
2021111023 ILA ARISKA BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Peserta didik merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, ia membutuhkan orang lain untuk dapat tumbuh kembang menjadi mariusia yang utuh. Maka dari itu peran guru sangat penting dalam memberikan arahan kepada peserta didik mengenai tata cara berhubungan sosial dengan kawannya. Di SMK Baitussalam Pekalongan setiap kelasnya terbagi menjadi beberapa kelompok kecil. Sebenamya hal itu wajar saja, namun dengan adanya kelompok-kelompok tersebut dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan. Karena dengan adanya kelompok-kelompok tersebut akan ada kemungkinan salah satu individu dikelas tertentu yang kemampuan untuk berhubungan dengan individu lainnya lemah sehingga akan merasa dikucilkan olah teman-teman yang lainnya ketika dirinya tidak tergabung dalam kelompok manapun. Dari hal tersebut akan memunculkan kesalahpahaman yang nantinya bisa saja berujung pada sebuah pertengkaran. Berdasarkan pemikiran diatas maka rumusan masalah yang akan dikaji adalah: 1) Bagaimana hubungan sosial antar peserta didik di• SMK Baitussalam Pekalongan? 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi hubungan sosial antar peserta didik di SMK Baitussalam Pekalongan? 3) Faktor apa saja yang mernpengaruhi hubungan sosial antar peserta didik di SMK Baitussalam Pekalongan?. Adapaun kegunaan penelitian ini adalah sebagai rnasukan bagi guru PAI agar dapat mengoptimalkan perannya dalam pembinaan hubungan sosial antar peserta didik. Penelitian ini mernpakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Somber data primer dalam penelitian ini adalah dua guru PAI dan peserta didik, sedangkan sumber data sckundernya adalah Kepala Sekolah dan Administrator. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis induktif Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan sosial antar peserta didik di SMK Baitussalam Pekalongan terpecah menjadi beberapa kelompok dalam setiap kelasnya hubungan antar anggota kelompoknya mempunyai solidaritas yang baik dan kuat. Faktor yang melatarbelakangi hubungan sosial antar peserta didiknya diantaranya adalah imitasi, sugesti, identifikasi, simpati dan motivasi. Untuk peran yang dilakukan Guru P AI adalah dengan cara menasehati, melaksanakan pembelajaran PAI dengan metode diskusi yang anggota kelompoknya dipilih secara acak. Selain itu juga banyak program yang berguna untuk memberikan pembinaan hubungan sosial antar peserta didiknya dengan cara, sholat berjamaah per kelas, tugas rumah berkelompok, dan nariyahan. Hal ini digunakan untuk menumbuhkan rasa persaudaraan antar peserta didiknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI dan Hubungan Sosial | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2024 02:28 | ||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2024 02:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7511 |
Actions (login required)
View Item |