Upaya Kepala Sekolah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Di Sdn Jetaklengkong Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Khusnita, Zulfa (2024) Upaya Kepala Sekolah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Di Sdn Jetaklengkong Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
232003_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (893kB)
[img] Text
232003_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Zaman sekarang dengan canggihnya teknologi yang pesat menjadikan nilai-nilai kedisiplinan semakin memudar. Banyak orang yang menganggap bahwa disiplin merupakan hal yang mudah untuk diterapkan namun pada kenyataannya disiplin sangat sulit untuk diterapkan khususnya untuk para siswa harus membutuhkan bantuan antara orang tua dengan tenaga pendidik dalam hal membiasakan siswa untuk bisa menerapkan disiplin dimanapun berada. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memapArkan beberapa masalah yaitu: pertama, bagaimana upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan siswa?, kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat/masalah yang dialami oleh kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan siswa?. Dalam tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan siwa dan faktor pendukung serta penghambatnya. Dalam kegunaannya penelitian ini diharap bisa menjadi rujukan referensi menanamkan nilai-nilai kedisiplinan siwa agar siswa bisa menerapkan kedisiplinan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif lapangan, dengan menggunakan data primer dari kepala sekolah SDN Jetaklengkong Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dan data sekunder seperti guru, siswa dan referensi buku. Untuk pengambilan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis dimulai dari kondensasi data kemudian displey data dan yang terakhir yaitu verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan siswa yaitu: pertama, membuat tata tertib, kedua memberikan nasihat tentang pentingnya kedisiplinan, ketiga, melakukan pengawasan, keempat, memberikan sanksi. Selanjutnya terdapat faktor pendukung yaitu: pertama, dukungan dari guru, kedua, tulisan tata tertib yang tertera pada dinding sekolah, sedangkan faktor penghambat/masalah pada penelitian ini yaitu: pertama, faktor dari teman sebayanya sendiri, kedua, faktor keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Nilai-nilai Kedisiplinan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.342 Taman Pendidikan Al-Qur'an/TPA, Tempat Pendidikan Qur'an/ TPQ
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:14
Last Modified: 21 Mar 2024 06:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7573

Actions (login required)

View Item View Item