Implementasi program madrasah melalui metode self-regulated learning untuk memperkuat karakter islami siswa di Mts Muhammadiyah Batang

Kadza, Sabita Lighoyati (2024) Implementasi program madrasah melalui metode self-regulated learning untuk memperkuat karakter islami siswa di Mts Muhammadiyah Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120306_cover_bab I & bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120306_full text-b5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Beberapa program madrasah di MTs Muhammadiyah Batang diselenggarakan dalam rangka sebagai pembiasaan karakter siswa. Karakter yang mencerminkan nilai-nilai islami siswa dalam belajar ini yang menjadi latar belakang peneliti melakukan penelitian ini. Sehingga pada proses pembelajarannya self-regulated learning menekankan akan pentingnya tanggung jawab individu dalam menghadapi kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana perencanaan penggunaan metode self-regulated learning dalam program madrasah untuk memperkuat karakter islami siswa di MTs Muhammadiyah Batang. 2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan metode self-regulated learning dalam program madrasah untuk memperkuat karakter islami siswa di MTs Muhammadiyah Batang. 3) Bagaimana evaluasi dari penggunaan metode self-regulated learning pada program madrasah dalam memperkuat karakter islami siswa di MTs Muhammadiyah Batang. Dengan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program madrasah melalui metode self-regulated learning dalam memperkuat karakter islami siswa. Pendekatan pada penelitian ini kualitatif, dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data penelitian jenis data primer diambil dari guru koordinator agama, guru akidah akhlak dan siswa kelas 7, 8 dan 9. Serta sumber data jenis data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan arsip seperti jurnal, skripsi, tesis, dan data sekolah, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis menurut Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari Kondensasi data, display data serta kesimpulan data dan verifikasi, dimana data yang diperoleh kemudian disederhanakan dan difokuskan pada hal-hal penting agar dapat dipahami dan dapat ditarik kesimpulan. Serta menggunakan metode triangulasi untuk memunculkan data yang memiliki validitas. Hasil Penelitian yang saya lakukan di MTs Muhammadiyah Batang menunjukan bahwa adanya peningkatan pada penguatan karakter islami yang disebabkan oleh adanya program madrasah yang dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Batang seperti penguatan terhadap karakter kemandirian, tanggung jawab, mampu memanajemen waktu, disiplin, tekun, berorientasi pada masa depan, jujur dan memiiki jiwa kepemimpinan di dalam proses belajar mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, AlyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Karakter Islami, Self-Regulated Learning
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:41
Last Modified: 30 Apr 2024 08:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7601

Actions (login required)

View Item View Item