Pembentukan Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Talun

Hidayatussolikhah, Hidayatussolikhah (2024) Pembentukan Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Talun. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120147_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120147_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya problem akhlak negative yang ada di dalam diri peserta didik khususnya di kelas XI SMA Negeri 1 Talun. Problem akhlak yang ada diantaranya yaitu proses pembelajaran berlangsung, ada sebagian peserta didik bermain HP, ribut, tidak mendengar apa yang dijelaskan oleh gurunya, cerita, dan mengganggu temannya. Selain itu, dalam kegiatan salat zuhur berjama’ah di sekolah, masih banyak peserta didik yang tidak mengikuti salat berjama’ah dengan alasan sedang berhalangan bagi siswi perempuan. Disisi lain peserta didik di SMA Negeri 1 Talun juga memiliki akhlak yang baik diantaranya masuk kelas tepat waktu, tidak adanya tawuran dan, dll. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana kondisi akhlak peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Talun serta bagaimana peran guru PAI dalam pembentukan akhlak peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Talun. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi akhlak peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Talun serta untuk menjelaskan peran guru PAI dalam pembentukan akhlak peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Talun. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapang dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini adalah peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Talun yaitu pertama Guru pendidikan agama Islam harus lebih banyak memberikan nasihat ketika berada di dalam kelas, yang kedua Guru pendidikan agama Islam harus berada dalam struktur pembinaan Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dan Rohani Islamiah (ROHIS) sebab guru pendidikan agama Islam memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk akhlak peserta didik, yang ketiga yaitu Guru pendidikan agama Islam dapat memahami dan mengerti kepribadian dari masing-masing peserta didik agar guru pendidikan agama Islam mampu menghadapi mereka dengan baik, mengingat peran guru pendidikan agama Islam memang sangat menentukan tingkat keberhasilan pembentukan akhlak peserta didik khususnya di SMA Negeri 1 Talun. Tak hanya itu guru juga berperan sebagai motivator, suri tauladan, fasilitator dan pembimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Pembentukan Akhlak, Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:32
Last Modified: 24 Apr 2024 03:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7611

Actions (login required)

View Item View Item