Ainaya, Maylan Shofa. (2024) Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Resiliensi Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2620056_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2620056_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
Abstract
Komunikasi interpersonal guru merupakan salah satu hal penting dalam proses belajar mengajar. kemampuan guru untuk berkomunikasi secara efektif dengan siswa dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang baik dan mendukung. Siswa yang mempunyai tingkat resiliensi yang tinggi akan menunjukkan kesediaan untuk menghadapi kemunduran dan menggunakan berbagai strategi untuk mengatasi hambatan. Mereka memiliki pola pikir yang berkembang, memandang kesalahan sebagai peluang bukan sebagai sebuah kegagalan. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebegai berikut: 1) Apakah ada peingaruh keimampuan komunikasi inteirpeirsonal guru teirhadap reilisieinsi mateimatis siswa keilas XI di SMA Negeri 1 Keidungwuni? 2) Seberapa besar pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap resiliensi matematis siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kedungwuni? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara komunikasi interpersonal guru dengan resiliensi matematis siswa dan seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap resiliensi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian inferensial. Jenis penelitian kuantitatif ini digunakan dengan menerapkan kuesioner. Variabel bebas yang digunakan adalah komunikasi interpersonal guru. Sedangkan variabel terikatnya adalah resiliensi matematis siswa. Populasi yang digunakan yaitu kelas XI dan sampel penelitiannya yaitu kelas XI.F.5 dan XI.F.7 sebanyak 67 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1.) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap resiliensi matematis siswa di SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan nilai signifikasi sebesar 0,001 dengan menggunakan uji-T dan uji-F; 2.) Besaran pengaruh anatara kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap resiliensi matematis siswa yaitu dengan menggunakan uji koefisien determinasi ( ) sebesar 0,825 atau 82,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru, Resiliensi Matematis Siswa. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2024 02:03 | ||||||||
Last Modified: | 25 Apr 2024 03:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7636 |
Actions (login required)
View Item |