Perilaku Komunikasi Pemain Game Online Playersunknown Battleground (Pubg) Mobile Dalam Perspektif Etika Komunikasi Islam (Studi Tim E-Sport Bigetron Red Aliens Divisi Pubg Mobile Di Channel Youtube Bigetron Tv)

Falah, Muhammad Syahrul (2024) Perilaku Komunikasi Pemain Game Online Playersunknown Battleground (Pubg) Mobile Dalam Perspektif Etika Komunikasi Islam (Studi Tim E-Sport Bigetron Red Aliens Divisi Pubg Mobile Di Channel Youtube Bigetron Tv). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419099_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3419099_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Game online merupakan sebuah permainan yang hanya dapat dimainkan apabila terkoneksi menggunakan jaringan internet. Playerunknowns Battleground atau PUBG merupakan sebuah permainan yang di mana pemain harus bertahan hidup dan melawan 100 pemain lain hingga memenangkan pertandingan. Perkembangan game PUBG Mobile di Indonesia semakin meningkat pesat dari tahun ke tahun, sehingga muncul berbagai tim esport salah satunya Bigetron Esport. Rata-rata pemain game online seringkali melakukan perilaku buruk ketika bermain kompetitif pada perlombaan, meskipun beberapa ada yang berperilaku baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi pada Tim Bigetron pada saat bermain, dan perilaku komunikasi dari Tim Bigetron divisi PUBG Mobile dalam perspektif Etika Komunikasi Islam. Penelitian ini menggunakan teori etnografi virtual serta metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku komunikasi pada pemain tim esport Bigetron menunjukkan banyaknya perilaku buruk meskipun terdapat beberapa perilaku baik. Dalam analisis etnografi virtual terdapat empat analisis yaitu ruang media berupa youtube, dokumen media berupa video konten yang menjadi sumber data primer, objek media berupa respon netizen berkaitan konten, serta pengalaman berupa hasil wawancara dengan salah satu pemain yang menjadi penyebab adanya toxic communication. Faktor munculnya perilaku komunikasi yang buruk disebabkan; bug (masalah) game, jaringan internet kurang stabil, emosi dan kecewa, serta hanya mengikuti temannya. Namun terdapat perilaku komunikasi baik yang terlihat dari pelatih dan salah satu pemain yang beranjak dewasa, sehingga dapat mengembalikan keadaan dan suasana tim lebih baik serta dapat membuat tim Bigetron memperoleh kemenangan dalam game.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukoyimah, MukoyimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika, Perilaku Komunikasi, Game Online
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:53
Last Modified: 26 Mar 2024 02:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7655

Actions (login required)

View Item View Item