Hidayah, Shofi Nur (2024) Startegi komunikasi pemasaran sirup marjan dalam meningkatkan penjualan produk pada momen ramadhan tahun 2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3420028_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
3420028_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Strategi komunikasi dalam sebuah bisnis didapatkan untuk menarik perhatian publik tentang barang atau jasa yang ditawarkan oleh pelaku bisnis. Dari komunikasi yang baik dan terencana akan membentuk perspektif masyarakat terhadap suatu produk (image branding) yang mana hal tersebut dapat berimbas pada peningkatan penjualan produk. Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan penjualan produk, serta membentuk image branding di tengah-tengah masyarakat salah satunya dengan menggunakan Integrated Marketing Communication (IMC) atau bauran komunikasi pemasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran Sirup Marjan dalam meningkatkan penjualan produk pada momen ramadhan tahun 2023 serta bagaimana pemanfaatan momen ramadhan tahun 2023 oleh Sirup Marjan dalam meningkatkan penjualan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi pemasaran Sirup Marjan dalam meningkatkan penjualan produk pada momen ramadhan tahun 2023 serta bagaimana pemanfaatan momen ramadhan tahun 2023 oleh Sirup Marjan dalam meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau library research dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori IMC (Integrated Marketing Communication) Terence A. Shimp. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Selanjutnya untuk menganalisis data, penulis menggunakan model atau metode analisis milik Miles and Huberman yang sesuai dengan jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Sirup Marjan yakni penggunaan Integrated Marketing Communication yang meliputi Sales Promotion atau promosi penjualan berupa diskon, Voucher E-wallet dan voucher belanja. Publicity afau publisitas berupa pemanfaatan serta keaktifan dalam media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok. Personal selling atau penjualan pribadi berupa pemanfaatan marketplace yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Blibli. Terkahir ada Advertising atau periklanan berupa tayangan video iklan yang tayang setiap menjelang ramadhan hingga Idhul Fitri, iklan tersebut ditayangkan di televisi swasta serta channel YouTube resmi Marjan Boudoin. Adapun pemanfaatan momen ramadhan tahun 2023 yang dilakukan Sirup Marjan dalam meningkatkan penjualan produk adalah dengan promosi khusus ramadhan, pemasaran digital, penyediaan produk terkait ramadhan, kolaborasi dengan retail dan variasi rasa terbaru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Strategi Komikasi Pemasaran, Sirup Marjan, Penjualan Produk. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2024 07:42 | ||||||||
Last Modified: | 06 May 2024 08:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7744 |
Actions (login required)
View Item |