Setyaningsih, Emmy Dwi (2024) Strategi pengembangan wisata dalam perspektif ekonomi Islam (Studi Kasus Wisata Lolong Adventure Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4119173_BAB I & V.pdf Download (3MB) |
|
Text
4119173_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Pengembangan pariwisata merupakan langkah-langkah atau rencana yang dilakukan untuk menggali dan mengembangakan potensi pariwisata yang ada disuatu kawasan. Dengan pengembangan dan pengolahan yang efektif, pariwisata akan berdampak positif dari segi ekonomi, sosial budaya dan lingkungan alam. Desa Lolong merupakan desa wisata yang terletak di Kabupaten Pekalongan dengan destinasi wisata alamnya yang menarik salah satunya yaitu wisata Lolong Adventure. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan wisata Lolong Adventure menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang mana pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari pengelola wisata Lolong Adventure dan pengunjung wisata Lolong Adventure. Dalam mengolah data, peneliti mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi dengan teori. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat ditarik beberapa kesimpulan dalam strategi pengembangan wisata Lolong Adventure antara lain: Atraksi; menyediakan beberapa atraksi yaitu Junggle Tracking, rafting, camping, dan tubing dan menambah atraksi wisata buatan seperti outbond yang tidak beresiko tinggi atau wahana yang ramah dengan anak-anak, Aksesibilitas; memperbaiki akses jalan menuju wisata dan memasang rambu atau petunjuk jalan. Amenitas; melengkapi fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, aula atau meeting rom, rest area, saung untuk istirahat pengunjung, cafe, kios kuliner, jentra oleh-oleh dan fasilitas parkir bagi kendaraan pengunjung, Ancillary; dengan pembentukan badan pengelola, kerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dan Komite olahraga nasional indonesia. Promosi; melakukan promosi dari mulut ke mulut, menyebarkan brosur, melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Website Lolong Adventure, dan mengikuti kegiatan festival atau pameran. Praktek pengembangan ekonomi Islam yang ada di wisata Lolong Adventure mengutamakan proses kerjasama dan saling tolong menolong dengan melibatkan prinsip Tauhid (keimanan), ‘Adl (keadilan), Nubuwwah (kenabian), dan Ma’ad (hasil).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, pengembangan Wisata, Ekonomi Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2024 05:43 | ||||||||
Last Modified: | 27 Mar 2024 05:43 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7792 |
Actions (login required)
View Item |