Penerapan Model PjBL Berbasis STEAM Pada Pembelajaran Tematik Dalam Mengembangkan Kompetensi 4C Siswa Kelas 5 Di SDN 02 Kebonrowopucang

Khusna, Syafa'atul (2024) Penerapan Model PjBL Berbasis STEAM Pada Pembelajaran Tematik Dalam Mengembangkan Kompetensi 4C Siswa Kelas 5 Di SDN 02 Kebonrowopucang. Undergraduate Thesis thesis, UIN.K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320078_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2320078_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran tematik sering dilakukan dengan pembelajaran yang konvensional dan berpusat pada guru, sehingga materi yang dipelajari terkesan banyak dan rumit, maka proses pembelajaran harus bermakna dan dapat mengembangkan kompetensi yang perlu dimiliki oleh siswa, yaitu kompetensi critical thinking, communication, collaboration, creativity, hal ini tidak lepas dari penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satunya model PjBL berbasis STEAM. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan penerapan model PjBL berbasis STEAM pada pembelajaran tematik kelas 5 SDN 02 Kebonrowopucang ?; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dengan model PjBL berbasis STEAM dalam mengembangkan kompetensi 4C siswa kelas 5 di SDN 02 Kebonrowopucang ?; 3) Bagaimana evaluasi dalam pelaksanaan model PjBL berbasis STEAM pada pembelajaran tematik dalam mengembangkan kompetensi 4C siswa kelas 5 di SDN 02 Kebonrowopucang? Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun sumber data primer pada penelitian ini yaitu dokumentasi dengan mencari data mengenai perencanaan pembelajaran berupa RPP, wawancara kepada kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas 5 SDN 02 Kebonrowopucang, sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang mendukung penelitian ini, berupa sejarah berdirinya, visi dan misi, keadaan guru dan karyawan, keadaan sarana dan prasarana, daftar hasil belajar siswa kelas 5 SDN 02 Kebonrowopucang dan referensi kepustakaan-kepustakaan yang relevan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, STEAM, 4C, Tematik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:13
Last Modified: 01 Jul 2024 04:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7820

Actions (login required)

View Item View Item