Nazhir, Muhammad Lazimi Fikri (2024) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Satya Praja 2 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
Text
2119359_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2119359_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan suatu institusi pendidikan resmi. Dalam memimpin suatu lembaga tentunya kepala sekolah harus menjalankan manajemen dan pembinaan terhadap semua unsur yang ada disekolah. Maka dari itu peningkatan mutu pendidikan merupakan usaha yang harus diupayakan dengan terus menerus agar pendidikan yang berkualitas dan relevan dapat tercapai Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Satya Praja 2 Petarukan ? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Satya Praja 2 Petarukan? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan SMK Satya Praja 2 Petarukan (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Satya Praja 2 Petarukan Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : pertama, dalam peningkatan mutu pendidikan terdapat peran kepala sekolah yang sangat vital. Ada 7 peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan yaitu 1) peran kepala sekolah sebagai pendidik 2) peran kepala sekolah sebagai pengelola 3) peran kepala sekolah sebagai administrasi 4) peran kepala sekolah sebagai pengawas 5) peran kepala sekolah sebagai pemimpin 6) peran kepala sekolah sebagai inovator 7) peran kepala,sekolah sebagai motivator. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Satya Praja 2 Petarukan. faktor pendukung yaitu adanya kekompakan dari warga sekolah, guru guru yang kompeten dibidangnya, sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat yaitu lahan yang sedikit yang menyebabkab kurang maksimal dalam penerapan mutu pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran kepala Sekolah, Mutu Pendidikan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2024 01:42 | ||||||||
Last Modified: | 28 Mar 2024 01:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7824 |
Actions (login required)
View Item |