Pembelajaran kitab uyun al-masail linnisa’ terkait materi istihaḌoh bagi santriwati di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Pekalongan

Turohma, Shofia (2024) Pembelajaran kitab uyun al-masail linnisa’ terkait materi istihaḌoh bagi santriwati di Pondok Pesantren Sirojuttholibin Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120268_cover_Bab 1 dan BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120268_FUUL Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran kitab Uyun Al-Masail Linnisa’ ini fokus membahas darah istihaḍoh. Keluarnya darah istihaḍoh sangat berhubungan erat dengan kegiatan ibadah sehari-hari. Semakin tidak paham tentang bab istihaḍoh maka semakin bingung dengan ibadah kita. Maka dari itu kegiatan pembelajaran ini sangat penting bagi wanita. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran kitab Uyun Al-Masail Linnisa’ terkait materi istihaḍoh bagi santriwati di pondok pesantren Sirojuttholibin Pekalongan?. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kitab Uyun Al-Masail Linnisa’ di pondok pesantren Sirojuttholibin Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran kitab Uyun Al-Masail Linnisa’ terkait materi istihaḍoh bagi santriwati di pondok pesantren Sirojuttholibin Pekalongan. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kitab Uyun Al-Masail Linnisa’ di pondok pesantren Sirojuttholibin Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Sedangkan sumber datanya adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pembelajaran kitab Uyun Al-Masail Linnisa’ terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dalam pembelajaran kitab Uyun Al-Masail Linnisa’ ustadzah menggunakan beberapa metode seperti ceramah, diskusi, tugas proyek membuat peta konsep, menerapkan cacatan daily haid, dan menerapkan nadhoman haid. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran kitab Uyun Al-Masail Linnisa’ yaitu ustadz yang berkompeten, semangat santriwati dalam belajar, Proses kegiatan pembelajaran, minat dan bakat santriwati, materi, lingkungan belajar yang nyaman. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran kitab Uyun Al-Masail Linnisa’ yaitu keterbatasan waktu dan sarana kurang memadai

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Fikih Istihaḍoh, Kitab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:43
Last Modified: 23 Apr 2024 03:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7829

Actions (login required)

View Item View Item