Ambali, Teguh (2019) Implementasi pendidikan karakter keagamaan di SDIH Luqman Al Hakim Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan sesuatu yang sangat penting di era sekarang ini. Hal ini tentunya berkaitan dengan semakin merosotnya moral generasi muda. Karakter yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan adalah sebanyak 18 karakter. Diantara karakter tersebut adalah karakter religius atau dalam bahasa Indonesia dinamakan karakter keagamaan. Agama menjadi pondasi penting dari pendidikan karakter karena dari agama lahir tata aturan yang membuat manusia menjadi baik. Demikian pula SDIH Luqman Al Hakim yang merupakan sekolah yang selalu mengedepankan akhlak dan perilaku peserta didik. Karakter keagamaan selalu digalakkan dalam setiap kegiatan di sekolah. Atas dasar pemikiran diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep pendidikan karakter keagamaan di SDIH Luqman Al Hakim. Bagaimana implementasi pendidikan karakter keagamaan di SDIH Luqman Al Hakim, dan bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter keagamaan di SDIH Luqman Al Hakim Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pendidikan karakter keagmaan , serta mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter keagamaan di SDIH Luqman Al Hakim Batang serta menguraikan tentang faktor penghambat dan faktor pendukung dari implementasi pendidikan karakter keagamaan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah 1) bagi orang tua dan masyarakat : menambah informasi mengenai pendidikan karakter keagamaan di SDIH Luqman Al Hakim. 2) bagi guru : menambah wacana keilmuan yang berkaitan dengan pendidikan karakter keagamaan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter Keagamaan di SDIH Luqman Al Hakim Batang. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Untuk menganasis data peneliti menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah bahwa konsep pendidikan karakter keagamaan di SDIH Luqman Al Hakim Batang adalah beraqidah islamiyah dan bersifat integral. Adapun implementasinya adalah dengan mengadakan kegiatan yang bernuansa religi untuk meningkatkan iman dan takwa peserta didik. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambatnya yaitu : sarana prasarana, kualitas SDM pendidik, komunikasi sekolah dengan rumah, serta perbedaan kemampuan peserta didik. Adapun faktor pendukungnya adalah semangat stake holder, lingkungan sekolah, dan orangtua peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Keagamaan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2020 02:47 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2020 02:47 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/792 |
Actions (login required)
View Item |