Caputri, Jihan (2024) Peluang dan tantangan implementasi kebijakan kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 14. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120153_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (596kB) |
|
Text
2120153_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) |
Abstract
Kebijakan Kurikulum Merdeka tertera dalam Siaran pers Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019. Di dalamnya terdapat beberapa penjelasan mengenai kebijakan kurikulum merdeka meliputi, kebijakan penghapusan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), kebijakan penghapusan Ujian Nasional (UN), kebijakan penyederhanaan RPP menjadi modul pembelajaran dan kebijakan tentang kebebasan berekspresi untuk para pendidik disetiap sekolah masing- masing. Kebijakan tersebut terdapat keterkaitan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena, Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Agama Islam mempunyai tujuan yang sama yaitu menempatkan siswa sebagai objek dan subjek sekaligus yang disebut dengan pembelajaran berpusat pada karakter siswa (student centered learning). Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memaparkan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Pekalongan? 2) Bagaimana Peluang dan Tantangan dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Pekalongan 2) Untuk menjelaskan Peluang dan Tantangan dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Pekalongan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik analisis dan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 14 Pekalongan sudah sesuai dengan perencanaan,yang dilakukan oleh Kemendikbudristek yang menginginkan adanya perubahan kurikulum yang dilaksanakan oleh sekolah masing-masing. Adapun peluang dan tantangan yang dihadapi bisa teratasi dengan adanya komitmen para pendidik yang berhubungan secara langsung dengan kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Apr 2024 02:53 | ||||||||
Last Modified: | 30 Apr 2024 09:43 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7930 |
Actions (login required)
View Item |