Implementasi konseling individual melalui layanan home visit pada kedisiplinan siswa Di masa pandemi covid-19 di man 1 kota pekalongan

NASHRULLAH, M. (2021) Implementasi konseling individual melalui layanan home visit pada kedisiplinan siswa Di masa pandemi covid-19 di man 1 kota pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi konseling individual melalui layanan home visit yang dilakukan oleh Guru BK pada kedisiplinan siswa di masa pandemi covid-19. Penelitian ini terfokuskan pada kedisiplinan siswa di masa pandemi covid-19 dan implementasi konseling individual melalui layanan home visit pada kedisiplinan siswa di MAN 1 Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan deskriptif dan metode kualitatif. Penelitian lapangan adalah dengan cara mengumpulkan data dari lapangan seperti wawancara dan dokumentasi. Sedangkan penelitian kualitatif ini berperan menganalisis serta menyajikan fakta secara sistematis meliputi tiga tahap yaitu reduction (mereduksi data), display (penyajian data), dan conclusing drawing (penarikan kesimpulan) Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pada masa pandemi covid-19 yang mengharuskan siswa melakukan pembelajaran daring guna mencegah penyebaran virus covid-19 menimbulkan dampak menurunnya kedisiplinan pada beberapa siswa di MAN 1 Kota Pekalongan. Menurunnya kedisiplinan siswa ini biasanya berupa keterlambatan siswa dalam mengumpulkan tugas, keterlambatan siswa dalam mengikuti daring, dan lain sebagainya. Menurunnya kedisiplinan siswa ini diakibatkan karena tidak adanya indikator kedisiplinan pada diri siswa tersebut, indikator kedisiplinan menurut Prijodarminto (2004:31) adalah sebagai berikut: 1) Sikap mental (mental attitude) yang merupakan sikap taat dan tertib sebagai hasil atau pengembangan dari latihan, pengendalian pikiran dan pengendalian watak. 2) Pemahaman yang baik mengenai sistem peraturan perilaku, norma, kriteria, dan standar yang demikian rupa, sehingga pamahaman tersebut menumbuhkan pengertian yang mendalam atau kesadaran, bahwa ketaatan akan aturan. 3) Sikap kelakuan yang secara wajar menunjukkan kesungguhan hati, untuk mentaati segala hal secara cermat dan tertib. Sehingga untuk mengembangkan kedisiplinan pada diri siswa harus dilakukan sebuah upaya agar siswa dapat memiliki ketiga indikator tersebut, menurunnya kedisiplinan pada diri siswa tidak bisa dianggap remeh dan sangat diperhatikan oleh pihak MAN 1 Kota Pekalongan, karena dengan menurunnya kedisiplinan siswa akan mengakibatkan menurunnya prestasi belajar siswa. Hal ini mendorong guru BK di MAN 1 Kota Pekalongan untuk sigap menghadapi masalah kedisiplinan siswa dengan diadakannya konseling individual guna membantu memecahkan masalah yang dimiliki oleh siswa serta dikombinasikan dengan layanan home visit atau kunjungan kerumah mengingat situasinya masih pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKanafi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Individual, Layanan Home Visit, Kedisiplinan
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:21
Last Modified: 23 Apr 2024 02:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8074

Actions (login required)

View Item View Item