Nisrofah, Siti (2024) Aktualisasi Kebijakan Anti Kekerasan Seksual Perspektif Pendidikan Berkeadilan Gender di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan data yang dihimpun oleh lembaga PSGA dan KOPRI Komisariat, terdapat beberapa kasus kekerasan seksual yang terjadi di UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Hal tersebut terkesan paradoks, lembaga pendidikan yang dinilai mampu membentuk karakter peserta didik justru menjadi tempat terjadinya praktik kekerasan. Namun, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan telah memiliki kebijakan anti kekerasan seksual sebagai landasan normatif untuk mencegah dan menangani kekerasan seksual di lingkungan kampus. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam aktualisasi kebijakan anti kekerasan seksual melalui perspektif pendidikan berkeadilan gender di UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini meliputi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, kepala PSGA, kepala perpustakaan, ketua UKM Sigma, dan ketua KOPRI Komisariat. Teknik analisis data yang digunakan merujuk teori Miles dan Huberman yang melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian data tersebut diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi waktu, metode, dan narasumber. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kebijakan anti kekerasan seksual tertuang dalam SK Rektor Nomor 773 Tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual. Kebijakan tersebut telah diaktualisasikan sesuai dengan prinsip keadilan gender yaitu mengandung nilai makruf, mubadalah, dan keadilan hakiki. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya integrasi nilai-nilai adil gender dalam proses pembelajaran, layanan akademik, hingga sarana dan prasarana. Kebijakan tersebut secara tidak langsung berimplikasi terhadap budaya akademik yang mulai dibangun di atas pondasi kesalingan, kemitraan, kerja sama, dan keadilan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan, Kekerasan Seksual, Pendidikan, Keadilan Gender. Policy, Sexual Violence, Education, Gender Justice. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Apr 2024 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2024 03:53 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8108 |
Actions (login required)
View Item |