Karima, Naila (2021) Fenomena Ikoy-Ikoyan Dalam Akun Instagram @Ariefmuhammad Sebagai Representasi Dakwah Shadaqah Bil-Hal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I-V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Karima, Naila. 2021. Fenomena Ikoy-ikoyan dalam Akun Instagram @ariefmuhammad sebagai Representasi Dakwah Shadaqah Bil-hal. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: M. Najmul afad, M. A. Teknologi berkembang begitu pesat, media sosialpun sudah seperti kewajiban untuk memilikinya, bahkan satu orang bisa lebih dari satu memiliki media sosial. Salah satu media sosial yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat adalah instagram. Sekarang juga sudah banyak bermunculan selebgram yang tidak hanya menjalankan endorsment tapi juga menjadi sosial influencer. Salah satu akun tersebut adalah @ariefmuhammad. Dengan memanfaatkan instagram, akun tersebut berbagi atau bershadaqah secara langsung kepada followersnya di instagram, dengan nama ikoy-ikoyan. Ikoy-ikoyan ternyata menjadi trending topik di instagram dan sekarang sudah diikuti oleh banyak selebgram ataupun sosial influencer lain di instagram. Dari situlah muncul berbagai tanggapan di banyak kalangan, entah itu yang pro (setuju) ikoy-ikoyan maupun yang kontra (tidak setuju) ikoy-ikoyan. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah yang dikaji adalah: 1. Bagaimana fenomena ikoy-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad sebagai representasi dakwah shadaqah bil-hal? 2. Bagaimana pro dan kontra fenomena ikoy-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad sebagai representasi dakwah shadaqah bil-hal? Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui fenomena ikoy-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad sebagai representasi dakwah shadaqah bil-hal dan untuk mengetahui pro kontra fenomena ikoy-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad sebagai representasi dakwah shadaqah bil-hal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian etnografi digital, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study) dengan data primer berupa unggahan ikoy-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad dan sumber data sekunder berupa wawancara, dokumentasi, serta data tambahan dari buku-buku maupun jurnal yang relevan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ikoy-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad adalah sebuah representasi dakwah bil-hal berupa shadaqah. Ikoy-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad juga menimbulkan pro dan kontra. Pro dan kontra ikoy-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad yaitu banyak publik yang pro atau setuju dengan adanya ikoy-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad karena dianggap tren yang positif, ikoy-ikoyan mengajarkan untuk saling berbagi kepada orang lain. Sedangkan publik yang kontra dengan ikoy-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad menganggap bahwa ikoyan-ikoyan dalam akun instagram @ariefmuhammad menyebabkan krisis mental, menjadikan masyarakat memiliki mental pengemis, dan merupakan kegiatan berbagi yang salah sasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Ikoy-ikoyan, Instagram, Representasi Dakwah Bil-hal, Shadaqah. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 23 Apr 2024 07:12 | ||||||||
Last Modified: | 23 Apr 2024 07:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8112 |
Actions (login required)
View Item |