Strategi Komunikasi Dakwah KH. Achmad Chalwani dalam Menangkal Radikalisme melalui YouTube. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan

Kholis Dwi, Arum Setiani (2021) Strategi Komunikasi Dakwah KH. Achmad Chalwani dalam Menangkal Radikalisme melalui YouTube. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kholis, Dwi Arum Setiani. 2021. Skripsi. Strategi Komunikasi Dakwah KH. Achmad Chalwani dalam Menangkal Radikalisme melalui YouTube. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Wirayudha Pramana Bhakti, M.Pd. Kata kunci : Strategi Komunikasi Dakwah, Radikalisme, YouTube Pesatnya perkembangan teknologi mengubah pola hidup masyarakat, salah satunya yaitu pola komunikasi yang memanfaatkan sebuah kecanggihan teknologi internet. Salah satu situs internet yang ramai digunakan adalah situs YouTube. YouTube memberikan beberapa manfaat untuk pengguna, diantaranya adalah sebagai tempat menyebarkan informasi dan pendidikan. Banyaknya informasi yang masuk melalui YouTube memberikan efek keterlenaan pada beberapa pengguna, apalagi dengan banyaknya konten yang secara tersirat mengandung propaganda agama sehingga memunculkan suatu aliran radikal. Salah satu da’i dari Purworejo yang sekaligus pemimpin Pondok Pesantren An nawawi yaitu KH. Achmad Chalwani memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengkreasikan dakwahnya yang awalnya dilakukan secara konvensional lalu beralih ke cara yang lebih bisa dijangkau semua kalangan dengan beberapa materi dakwah kebangsaan, akidah dan syariah lalu disampaikan menggunakan strategi agar materi dakwah sampai dan mampu diterima dengan baik oleh khalayak. Hal ini dilakukan karena keprihatinannya beliau melihat beberapa aliran radikal yang mencoba masuk dan mempengaruhi target dengan membuat beberapa konten dakwah. Dakwah pada YouTube mempunyai peran komunikasi masa Islam, di mana mempunyai ciri khas yaitu menyebarkan atau menyampaikan informasi kepada pendengar, pemirsa, pembaca. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan penelitian pustaka (library research). Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif dengan penggalian data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan analisis isi, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa KH. Achmad Chalwani dalam kegiatan dakwahnya pada YouTube menggunakan beberapa strategi komunikasi dakwah. Penentuan strategi komunikasi tersebut menggunakan teori dari Harold D. Laswell, dimana untuk menentukan strategi yang digunakan harus mengetahui komponen-komponen pada sebuah komunikasi, yaitu komunikator, pesan, media, khalayak, efek. sehingga dari kelima komponen dapat mempengaruhi materi yang akan disampaikan dan dapat diterima dengan baik oleh khalayak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti Pramana, WirayudhaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Dakwah, Radikalisme, YouTube
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:21
Last Modified: 24 Apr 2024 01:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8119

Actions (login required)

View Item View Item