Implementasi bimbingan dan konseling islam melalui kitab hujjah ahlusunnah wal jama’ah dalam mencegah radikalisme remaja (Study Kasus di Majlis Ta’lim Rotib Uswatun Khasanah Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang)

Saputro, Muhamad Aji (2021) Implementasi bimbingan dan konseling islam melalui kitab hujjah ahlusunnah wal jama’ah dalam mencegah radikalisme remaja (Study Kasus di Majlis Ta’lim Rotib Uswatun Khasanah Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Gerakan-gerakan Islam radikal selalu ada hubungannya dengan cara mereka memaknai jihad terutama dalam rangka melawan kemungkaran atau apa yang mereka anggap ketidakadilan. Gerakan Islam radikal juga selalu ada hubungannya dengan agenda politik politik praktis atau politik kekuasaan dalam pengertian merebut, mempertahankan atau menghancurkan kekuasaan yang dinilai akan menghalangi tercapainya agenda politik mereka. Dalam rangka merebut kekuasaan, atau mendirikan Negara Islam mereka tidak segan-segan untuk menggunakan berbagai cara termasuk cara-cara kekerasan dan tindakan kriminal. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana pemahaman radikalisme remaja di majelis ta’lim rotib Uswatun Khasanah dan bagaimana implementasi bimbingan dan konseling Islam melalui kitab Hujjah Ahlusunnah Wal Jama’¬¬¬¬¬¬¬ah dalam mencegah paham radikalisme remaja. Tujuan Penulisannya yaitu untuk mengetahui pemahaman radikalisme remaja di majelis ta’lim rotib Uswatun Khasanah dan untuk mengetahui implementasi bimbingan dan konseling Islam melalui kitab hujjah ahlusunnah wal jama¬¬¬¬¬¬¬ah dalam mencegah paham radikalisme remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu peneliti melakukan upaya penarikan kesimpulan secara terus menerus selama mengamati kondisi pemahaman radikalisme remaja di Majlis Ta’lim, dan Implementasi Bimbingan dan Konseling Islam melalui Kitab Hujjah Ahlusunnah Wal Jama’¬¬¬¬¬¬¬ah dalam Mencegah Paham Radikalisme Remaja Study Kasus di Majlis Ta’lim Rotib Uswatun Khasanah Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa cara atau teknik yang digunakan dalam majlis tersebut efektif dalam mencegah radikalisme karena isi kitab hujjah ahlusunnah wal jamaah tidak Cuma di bacakan saja tetapi di perjelas dengan mendalam makna sehingga santri atau jamaah tidak salah mengartikan sebuah materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, Mencegah Radikalisme, Kitab Hujjah Ahlusunnah Wal Jama’ah
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:16
Last Modified: 24 Apr 2024 07:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8135

Actions (login required)

View Item View Item