Rochmah, Dzul Fatur (2023) Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Life Skills Santri Di Pondok Pesantren MISS Hadirul Ulum Kedungpedati Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2118311_DZUL FATUR ROCHMAH BAB I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2118311_DZUL FATUR ROCHMAH FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Idealnya orang yang mengenyam pendidikan baik sekolah formal maupun nonformal setidaknya mempunyai keterampilan tentang kehidupan yang dihadapinya terutama dalam dunia kerja. Nyatanya masih banyak pengangguran dikalangan terdidik baik yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan formal maupun non formal, serta masih adanya keraguan di dunia kerja tentang output yang dikeluarkan pesantren. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang “sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan life skills santri di pondok pesantren MISS Hadirul Ulum Kedungpedati Pemalang”. Titik focus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan life skills santri di pondok pesantren MISS Hadirul Ulum?; (2) bagaimana hasil penerapan sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan life skills santri di pondok pesantren MISS Hadirul Ulum?; dan (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam sistem pendidikan pondok pesantren dalam menigkatkan life skills santri di pondok pesantren MISS Hadirul Ulum? Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren MISS Hadirul Ulum Kedungpedati Pemalang, dengan pendekatan kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data dilakukan memalui : (1) Observasi; (2) Interview; dan (3) Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Sistem pendidikan yang berlaku di pondok pesantren MISS Hadirul Ulum Kedungpedati dalam meingkatkan life skills santri tercermin melalui program yang bertujuan untuk meningkatkan life skills santri yang meliputi personal skill, social skill, academic skill dan vocasional skill. (2) Hasil sistem pendidikan pondok pesantren MISS Hadirul Ulum dapat dirasakan oleh santri baik personal skill, social skill, academic skill ataupun vocasional skill. Tidak hanya santri yang merasakan hasilnya melainkan alumni serta masyarakat pun merasakan hasil dari sistem pendidikan pondok pesantren MISS Hadirul Ulum. (3) Faktor pendukung sistem pendidikan di pondok pesantren MISS Hadirul Ulum antara lain yaitu kemampuan pengasuh, pemimpin yang kuat dan bervisi, sarana prasarana, kurikulum, serta lingkungan dan masyarakat. Adapun faktor penghambatnya diantaranya adalah tenaga pengajar dan santri pondok pesantren itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sistem, Pondok Pesantren, Life Skills | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:22 | ||||||||
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8186 |
Actions (login required)
View Item |