Istianah, Afni (2023) Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119159_AFNI ISTIANAH BAB I-V.pdf Download (13MB) |
|
Text
2119159_AFNI ISTIANAH FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan guru menjadi media sekaligus sumber belajar. Strategi yang bisa digunakan guru adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai. Salah satu materi pembelajaran tersebut adalah materi fiqih. Fiqih adalah materi pembelajaran yang erat kaitannya dengan syariat agama Islam baik dari segi muamalah maupun ibadah. Dengan ini diperlukan adanya metode yang tepat supaya kegiatan pembelajaran fiqih itu bisa berlangsung dengan efektif, yakni menggunakan metode demonstrasi. MTs Ribatul Muta’allimin merupakan madrasah yang menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII. Alasan diterapkannya metode itu dalam mata pelajaran fiqih yaitu karena materi fiqih menjadi salah satu dari beberapa mata pelajaran yang digunakan sebagai syarat kelulusan peserta didik dan madrasah ini merupakan madrasah yang berbasis pondok pesantren maka dengan itu diharuskan agar para peserta didik untuk bisa mempraktekkan ibadah dengan benar sesuai dengan syariat agama Islam. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan, bagaimana kendala yang dihadapi guru pada implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan, dan bagaimana solusi dari kendala yang dihadapi guru pada implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru pada implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan, dan untuk mengetahui solusi dari kendala yang dihadapi guru pada implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif menurut Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya hasil dari penelitian ini adalah menguraikan jawaban-jawaban dari permasalahan yang ada. Proses pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan antara lain peserta didik tidak fokus saat guru sedang menerangkan materi, peserta didik kurang memahami praktek dalam gerakan ibadah tertentu, dan peserta didik belum lancar hafalan do’a dalam ibadah tertentu sehingga dengan ini dapat menghambat kegiatan pembelajaran karena akan memakan banyak waktu tambahan. Dan Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam implementasi metode demonstrasi adalah guru memberikan tugas untuk merangkum materi atau mengerjakan soal bagi peserta didik yang sudah maju praktek untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih kondusif, dan guru selalu mengingatkan jika ada peserta didik yang masih salah dalam melakukan gerakan praktek ibadah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi dan Pembelajaran Fiqih | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 02 May 2024 07:42 | ||||||||
Last Modified: | 02 May 2024 07:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8195 |
Actions (login required)
View Item |