Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Kusuma, Novia Dewi (2023) Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119193_NOVIA DEWI KUSUMA BAB I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2119193_NOVIA DEWI KUSUMA FULL TEXT.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keberhasilan kurikulum sebagian besar terletak di guru. Kesiapan guru menentukan keberhasilan pelaksanaan kebijakan merdeka belajar. Hal ini dikarenakan guru terlibat langsung dalam pelaksanaan kebijakan merdeka belajar tersebut. Bagaimana kesiapan guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Wonopringgo? Bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka pembelajaran PAI? Apa saja faktor penghambat dan pendorong pelaksanaan kurikulum merdeka pembelajaran PAI? Tujuan: Mengetahui kesiapan guru PAI menerapkan kurikulum merdeka, mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka pembelajaran PAI, dan mengetahui faktor penghambat dan pendorong pelaksanaan kurikulum merdeka pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif di mana peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis isi dan metode pengumpulan data lainnya untuk menyajikan respon-respon dan perilaku subjek. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wonopringgo sudah cukup baik. Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Wonopringgo berjalan hampir satu tahun. Pelaksanaan dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor penghambat pelaksanaan kurikulum merdeka yaitu pemahaman orang tua, dana P5, serta pemahaman guru dan siswa terkait penilaian. Sedangkan faktor pendorong yaitu sosialisasi pemerintah, diskusi forum MGMP, dorongan kepala sekolah, serta sarana prasarana SMP Negeri 1 Wonopringgo yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayati, NunungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru PAI, Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 06 May 2024 03:40
Last Modified: 06 May 2024 03:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8204

Actions (login required)

View Item View Item