Perilaku pedagang konveksi Pekalongan di pasar Klewer Surakarta dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Risqiyati, Isna Rosyidah (2018) Perilaku pedagang konveksi Pekalongan di pasar Klewer Surakarta dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Di Pekalongan, orang yang ingin berdagang tidak harus memiliki modal banyak karena di Pekalongan bisa mengambil barang dagangan di tempat tetangga atau teman yang memproduksi. Orang yang berdagang dengan mengambil barang dahulu tanpa membayar biasanya disebut dengan loper. Loper di Pekalongan mempunyai paguyuban yang disebut AM dengan armada mobil Elf atau L-300 yang biasanya membawa barang dagangan ke pasar-pasar besar di Indonesia,salah satunya ke Pasar Klewer Surakarta.Para loper menjual barang dagangannya hanya di parkiran saja dengan cara memasang pakaian ke hanger lalu dipasang di luar mobil supaya dapat terlihat orang yang ingin membeli. Loper menawarkan barang masuk ke dalam pasar Klewer dengan harga yang ditawarkan sedikit berbeda.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku pedagang konveksi Pekalongan di Pasar Klewer Surakarta dalam perspektif EtikaBisnis Islam serta menjelaskan etika pemasaran pedagang konveksi Pekalongan di Pasar Klewer Surakarta.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif(Field Research) dengan metode analisa deskriptif kualitatif. Adapun mengenai tehnikpengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Para pedagang konveksi dari Pekalongan dihadapkan permasalahan ketika memasarkan produknya diantaranya posisi harga yang ketat dan tidak wajar karena banyaknya loper yang dating berjualan di parkiran pasar Klewer Surakarta serta tuntutan konsumen.Dari permasalahan tersebut para pedagang harus menjalankan etika dalam memasarkan produknya baik Etika pemasaran dalam konteks produk, Harga, distribusi, dan promosi.Etika pemasaran pedagang konveksi Pekalongan di Pasar Klewer Surakarta belum sepenuhnya dijalankan pada saat transaksi jualbeli. Akan tetapi, dalam melaksanakan transaksi jualbeli mereka menggunakan aturan yang telah diatur oleh Agama Islam. Aturan Agama Islam dalam kegiatan bisnis dipaparkan pada ptinsip-prinsip etika bisnis Islam yang ada, diantarnya: prinsip kesatuan (tauhid), keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, kebijakan (ihsan).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBisyri, M. HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku pedagang, Etika Bisnis Islam, Etika Pemasaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:47
Last Modified: 22 Jun 2020 02:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item