Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Blado

Sari, Nur Kumala (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Blado. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620093_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620093_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Masalah rendahnya kemampuan literasi matematis dikalangan siswa SMP Negeri 2 Blado seringkali dikaitkan dengan model pembelajaran yang kurang efektif. Hal ini memerlukan suatu inovasi dalam pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based learning dengan inovasi pembelajaran kurikulum merdeka yaitu dengan menggunakan pendekatan pembelajaran diferensiasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis pembelajaran diferensiasi di SMP Negeri 2 Blado?, 2) Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP Negeri 2 Blado? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pra-eskperimen dengan desain penelitian one grup sampel pre-tes post-tes. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validasi isi/uji validasi ahli, uji normalitas dan uji hipotesis yang digunakan yaitu Paired sampel t-test. Hasil observasi penilaian aktivitas guru (peneliti) dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning berbasis pembelajaran diferensiasi berdasarkan pengamat 1 dan 2 pada pertemuan 1 diperoleh rata-rata 80,8%, pada pertemuan 2 diperoleh rata-rata 85% dengan jumlah total 82,9% dalam kriteria terlaksana sangat baik. Dan hasil tes kemampuan literasi matematis diperoleh rata-rata pretest adalah 44,43 dan rata-rata post-test yaitu 80,70. Uji normalitas menggunakan shapiro wilk menunjukkan signifikansi pretest 0,194 dan post-test 0,110 dikatakan normal apabila signifikansi > 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t_hitung=20,534 dan berdasarkan tabel distribusi t pada signifikansi 0,05, nilai t_tabel = 2,04523, maka t_hitung>t_tabel 20,534 > 2,04523 yang artinya H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran. Disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP Negeri 2 Blado. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka dapat diajukan saran, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan kepada sekolah untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis pembelajaran diferensiasi pada era kurikulum merdeka ini untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based learning, Pembelajaran Diferensiasi, Literasi Matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 May 2024 04:34
Last Modified: 19 Aug 2024 03:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8364

Actions (login required)

View Item View Item