Islami, Amalia Rizki (2024) Peran Orang Tua Asuh Dalam Membina Akhlakul Karimah Anak Asuh Di Panti Asuhan Darul Hadlonah Kelurahan Karangasem Utara Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2117372_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2117372_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Seiring semakin pesatnya perkembangan zaman banyak sekali input-input baik itu positif dan bahkan negatif diterima dengan mudah oleh semua orang. Ketidakmampuan anak-anak dalam memfilter informasi negatif dapat berdampak buruk pada perubahan perilaku. Hal ini menjadi PR besar bagi para orang tua asuh dalam membina akhlakul karimah anak-anak asuh di panti asuhan supaya tidak termakan oleh trend ikut-ikutan yang belum mereka pahami baik atau tidaknya. Ketika anak-anak asuh dibina dengan akhlakul karimah maka mereka dapat membedakan hal baik dan buruk sehingga perilakunya dapat terkontrol untuk selalu berbuat baik. Rumusan masalah yang terdapat dalam penellitian ini adalah (1) Bagaimana peran orang tua asuh dalam membina akhlakul karimah anak asuh di panti asuhan Darul Hadlonah Kelurahan Karangasem Utara Kecamatan Batang Kabupaten Batang? (2) Bagaimana metode dan pola asuh dari orang tua asuh dalam membina akhlakul karimah anak asuh di panti asuhan Darul Hadlonah Kelurahan Karangasem Utara Kecamatan Batang Kabupaten Batang ? (3) Apa saja faktor yang mempengaruhi orang tua asuh dalam membina akhlakul karimah anak asuh di panti asuhan Darul Hadlonah Kelurahan Karangasem Utara Kecamatan Batang Kabupaten Batang ? Penelitian ini menggunakan jenis penelitiian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) Ada beberapa peran yang harus dikuasai oleh orang tua asuh dalam menghadapi berbagai karakter anak-anak asuh diberbagai keadaan. Peran tersebut adalah, orang tua asuh sebagai penasehat, assessor, conselor, sahabat, sumber pengetahuan, mentor, motivator dan role model. (2) Adapun dalam pelaksanaannya orang tua asuh menggunakan metode dan pola asuh dalam membina akhlakul karimah anak-anak asuh, diantaranya yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode perhatian, dan metode hukuman. Sedangkan pola asuh yang digunakan oleh orang tua asuh dalam proses membina akhlakul karimah anak-anak asuh adalah pola asuh authoritative dengan tuntutan yang tinggi namun respon juga tinggi. (3) Dalam proses membina akhlakul karimah oleh orang tua asuh terhadap anak asuh, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi, insting (naluri), kebiasaan dalam aktivitas sehari-hari, kehendak (kemauan keras), dan hereditas (keturunan). Faktor eksternal meliputi, lingkungan sosial masyarakat, adat kebiasaan, dan pendidikan manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Asuh, Peran Orang Tua Asuh, Membina Akhlakul Karimah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:23 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8429 |
Actions (login required)
View Item |