Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII Dalam Pelajaran Matematika Di SMP N 1 Tulis

Vinalia, Diva (2024) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII Dalam Pelajaran Matematika Di SMP N 1 Tulis. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620065 _Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2620065 _Full Text.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Secara teoritis Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan dan peningkatan pengetahuan tentang Pengaruh pemebelajaran berbasis inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika di SMP N 1 Tulis. Secara praktis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pendidik, peserta didik dan peneliti terkait pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa Jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Tulis dengan 2 kelas menjadi sampel. Teknik pengambilan data dengan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji T test, Regresi sederhana dan koefisien diterminasi. Berdasarkan hasil pengujian, penelitian ini menghasilkan temuan yang dapat ditarik kesimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen pada pelajaran matematika Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata dan kategori post-test kelompok eksperimen lebih besar dari post-test kelompok kontrol yaitu 72,21 dalam kategori baik dan 63,69 dalam kategori cukup. Pengaruh kemampuan berpikir kritis antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat dilihat pada hasil uji hipotesis dengan uji independent sample t test menggunakan SPSS versi 25. Dari hasil uji hipotesis tersebut didapatkan data bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 yang artinya nilai signifikansi < 0,05 hal ini berdampak bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara kelas control dan kelas eksperimen.2) Terdapat Pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP N 1 Tulis dapat dilihat dari hasil besarnya nilai korelasi / hubungan (R) yaitu sebesar 0,618, dari data tersebut diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,382 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (pembelajaran inkuiri) terhadap variabel terikat (berpikir kritis) sebesar 38,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Berpikir Kritis, Matematika
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:30
Last Modified: 18 Jul 2024 03:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8489

Actions (login required)

View Item View Item