Analisis Strategi Pemasaran Hak Putra Ikan Filet Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Produk Perikanan Ditinjau Dari Perspektif Pemasaran Syariah

Hakim, M. Iqbal (2024) Analisis Strategi Pemasaran Hak Putra Ikan Filet Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Produk Perikanan Ditinjau Dari Perspektif Pemasaran Syariah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118229_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
411829_FULL TEXT_B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia terdiri dari 17.499 pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Dengan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 2,01 juta KM2 dan luas laut 3,25 juta KM2, negara ini mempunyai potensi perikanan yang sangat besar karena terdapat 8.500 spesies yang hidup di Indonesia. Laut Indonesia merupakan tempat hidup bagi 45 persen spesies ikan di dunia. Oleh karena itu, salah satu industri yang menjadi andalan Indonesia untuk pembangunanya adalah perikanan. Jawa Tengah memiliki potensi industri perikanan yang sangat besar. Dengan 274.469 ton, provinsi ini menempati peringkat kedelapan secara nasional dalam hal total volume penangkapan ikan, senilai Rp 8,75 triliun. Salah satu industri yang menjajikan dalam bidang perikanan adalah industi ikan fillet atau ikan olahan, penulis menganalisis usaha industri ikan fillet di Kabupaten Batang Jawa Tengah yaitu Hak Putra Ikan Fillet dan disandingkan dengan strategi pemasaran syariah 4P. Tujuanya adalah Menganalisis strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh Hak Putra Ikan Filet serta Menganalisis Strategi bauran pemasaran Hak Putra Ikan Filet dalam perspektif syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang mempunyai tujuan untuk menggambarkan bagaimana strategi bauran pemasaran 4P yang dilakukan Hak Putra Ikan Filet. Pendekatan yang dilakukan kualitatif deskriptif (deskriptive qualitative) dengan mencoba untuk menganalisi,mengevaluasi atau mengklarifikasi realitas, peristiwa, atau gejala sosial saat ini. Penelitian ini akan dilakukan pada Hak Putra Ikan Filet yang beralamatakan Jl Yos Sudarso Utara, Seturi, Karang Asem Utara, Kecamatan Batang Kabupaten Batang yang letaknya tidak jauh dari pantai dan pelabuhan perikanan Batang dan TPI. Dalam penelitian yang dilakukan penulis pada Hak Putra Ikan Fillet di Batang dalam menganalisis strategi penjualan menggunakan bauran pemasaran 4P syariah, dapat disimpulkan jika Hak Putra Ikan Fillet memenuhi bebrapa indikator bauran pemasaran 4P syariah tetapi belum maksimal, karena ada beberapa indikator yang belum terpenuhi seperti dalam produk yang kemasanya belum mencantumkan keterangan produk, akan tetapi sudah terbuka dengan konsumen, sehingga konsumen mengetahui dengan jelas proses produksi, dan kualitas produk. Selain itu Hak Putra Ikan Fillet selalu memberikan garansi produk kepada konsumen dan menjaga kualitas produk dengan baik. Selain produksi juga dianalisis terhadap semua factor dalam bauran pemasraan 4P Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasrur, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Hak Putra Ikan Filet, Bauran Pemasaran 4P, Bauran Pemasaran 4P Syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:04
Last Modified: 19 Jul 2024 08:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8498

Actions (login required)

View Item View Item