Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Untuk Anak SD/MI

Fahrozi, Fahrozi (2024) Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Untuk Anak SD/MI. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317247_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2317247_FULL TEXT_B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena peneliti menyoroti kemerosotan karakter anak SD/MI. Pentingnya pendidikan karakter selaras dengan tujuan pendidikan nasional yang merupakan dasar dari pembentukan pendidikan karakter manusia yang dapat dilakukan melalui berbagai macam cara termasuk melalui pendidikan yang dibuat secara terencana berangsur-angsur dan berkelanjutan. Fenomena kasus perundungan pada anak menjadi bukti nyata merosotnya pendidikan karakter. Penanaman pendidikan karakter dapat dilakukan dimana saja dan dapat melalui media cetak seperti buku bacaan novel. Penelitian ini ingin mengetahui kandungan nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan. Relevansi nilai pendidikan karakter dalan novel Sepatu Dahlan dengan pendidikan untuk anak SD/MI. Tujuan penelitian yaitu menemukan dan menentukan nilai pendidikan karakter dalam Sepatu Dahlan. Melakukan analisis dan menjelaskan relevansi nilai pendidikan karakter dengan pendidikan untuk anak SD/MI. Jenis penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (Library Research). Pendekatan yang digunakan yaitu deskripsi analisis. Metode pengumpulan data menggunakan metode Dokumentasi dengan sumber data utama Novel Sepatu Dahlan. Teknik analisi data menggunakan teknin analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, cinta damai, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun relevansinya nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dengan pendidikan untuk anak SD/MI adalah dalam kaitannya dengan pendidikan karakter, terlihat bahwa pendidikan karakter mempunyai orientasi yang sama yaitu pembentukan karakter. Maka dapat disimpulkan bahwa ada relevansi atau hubungan antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan dengan pendidikan untuk anak SD/MI.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: nilai, pendidikan karakter, relevansi nilai karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:19
Last Modified: 15 Jul 2024 06:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8564

Actions (login required)

View Item View Item