Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Agung AL-Jami' Pekalongan Sebagai Sumber Belajar Geometri

Ainurrizqi, Moch. (2024) Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Agung AL-Jami' Pekalongan Sebagai Sumber Belajar Geometri. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2617048__Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2617048_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang masih dapat memahami dan memaknai matematika di kelas tetapi merasa kesulitan untuk melakukan tugas matematika pada kehidupan nyata yang ada di masyarakat. Pada sisi yang lain, beberapa anak dapat menemukan penyelesaian masalah sosial masyarakat tanpa pendidikan formal. Dari faktor itulah, kita perlu mengembangkan strategi khusus untuk penyemangat siswa dalam meningkatkan produk belajar mereka dengan membuat proses belajar mengajar matematika lebih menarik, terdapat keterkaitan yang sangat erat antara pendidikan dan budaya. Oleh karenanya, peran budaya menjadi salah satu dalam bidang pendidikan, yakni dapat melakukan kegiatan belajar matematika dengan berbasis budaya, atau dapat disebut dengan etnomatematika.salah satu contoh warisan budaya adalah bangunan masjid. Masjid ini memiliki banyak elemen matematika, transformasi geometris dan bentuk geometris. Dengan mengimplementasikan etnomatematika kedalam bangunan Masjid Agung Al-Jami Pekalongan diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan tentang penerapan matematika pada sebuah budaya berupa bentuk Masjid Agung Al-Jami Pekalongan sebagai sarana media implementasi unsur-unsur pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai Etnomatematika pada bangunan Masjid Agung Al-Jami Pekalongan sebagai sumber belajar geometri. Penelitian ini bertujuan untuk Mengeksplorasi nilai-nilai etnomatematika pada bangunan Masjid Agung Al-Jami Pekalongan sebagai sumber belajar geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian Field Research (Penelitian Lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari pengurus masjid dan data lain yang berupa foto, catatan sejarah masjid. Data diperoleh dengan cara observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa konsep bangun datar yang di implementasikan pada bantuk bangunan Masjid Agung Al-Jami Pekalongan. Macam-macam bangun datar yang ada pada bangunan Masjid Agung Al-Jami Pekalongan yaitu : Plafon pada langit-langit aula dalam (Persegi), Plafon pada langit-langit aula dalam (Segitiga siku-siku), Pintu utama pada (Persegi Panjang), Tralis jendela pada (Lingkaran), Tralis pintu menuju menara (Belah Ketupat). Macam-macam bangun ruang sisi datar yang ada pada bangunan Masjid Agung Al-Jami Pekalongan yaitu : Kubah Masjid ( Limas), Miniatur bangunan kubah (Balok). Macam macam bangun ruang sisi lengkung pada bangunan Masjid Agung Al-Jami Pekalongan yaitu : Lampu pada halaman depan (Bola), Bedug (Tabung). Macam-macam transformasi geometri yang ada pada bangunan Masjid Agung Al-Jami Pekalongan yaitu : Tralis jendela ( Rotasi), Tralis pintu dan Atap serambi (Refleksi). Adapun aktivitas etnomatematika pada bangunan Masjid Agung Al-Jami Pekalongan adalah sebagai berikut: aktivitas mengelompokkan atau menjelaskan, aktivitas berhitung, aktivitas mengukur, dan aktivitas merancang bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Bangunan Masjid Agung Al-Jami, Sumber Belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:27
Last Modified: 26 Jun 2024 08:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8612

Actions (login required)

View Item View Item