Wahyuningtyas, Priska (2024) Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2317166_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2317166_FULL TEXT B5.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2317166_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran masih cenderung bersifat konvensional. Model pembelajaran konvensional cenderung tidak sesuai untuk diterapkan karena informasi yang disampaikan mudah lenyap karena rendahnya daya serap siswa, sehingga membutuhkan pembelajaran dengan pendekatan yang efektif, tidak membosankan dan bisa langsung membuat siswa menjadi lebih paham yaitu dengan pendekatan kontekstual, pendekatan yang berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan? (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan? Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui studi kasus yang meliputi metode observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan objek penelitian SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan. Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan (1) pendekatan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan telah dilaksanakan dengan baik, namun ada beberapa komponen dari pendekatan kontekstual yang belum dilaksanakan secara maksimal yaitu pada komponen permodelan dan refleksi; (2) faktor penghambat penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPAS Kelas IV diantaranya adalah alat peraga guru belum maksimal serta siswa harus meluangkan waktu untuk menemukan sendiri salah satu dari komponen pendekatan kontekstual yaitu permodelan. Sedangkan faktor pendukungnya diantaranya adalah adanya dukungan dari orang tua serta fasilitas dari pihak sekolah yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual dan Pelajaran IPAS | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:06 | ||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8741 |
Actions (login required)
View Item |