Implementasi pembacaan ratib al-haddad dalam membentuk kecerdasan spiritual santri pondok pesantren Al-Qutub Pekalongan

Akbar, Muhammad Zuhfri (2024) Implementasi pembacaan ratib al-haddad dalam membentuk kecerdasan spiritual santri pondok pesantren Al-Qutub Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
33199020_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
33199020_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
33199020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan tertinggi manusia. Melalui kecerdasan spiritual, IQ dan EQ manusia dapat berjalan secara optimal. Kecerdasan spiritual perlu dibentuk dan ditingkatkan, salah satu cara membentuk dan meningkatkannya yaitu melalui pembacaan Ratib Al-Haddad. Sebagaimana penelitian yang dilakukan pada santri di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan. Berdasarkan uraian diatas, penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: a).Bagaimana Kondisi Kecerdasan spiritual Santri di Pondok Pesantren Al-Qutub. b). Bagaimana Implementasi Pembacaan Ratib Al-Haddad dalam Membentuk Kecerdasan Spiritaul Santri di Pondok Pesantren Al-Qutub. Manfaat secara teoritis penelitian ini diharapkanmdapat memberikan kontribusi atau mengembangkan ilmu tasawuf dan psikoterapi, khususnya Implementasi Pembacaan Ratib Al-Haddad dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Al-Qutub. Manfaat praktis a). Bagi peneliti, penelitian ini menyumbangkan pemahaman dan pengetahuan mengenai Implementasi Ratib AlHaddad dalam membentuk kecerdasan spiritual Santri Al-Qutub. b) Bagi santri, penelitian ini memberi gambaran dan pemahaman mengenai implementasi Ratib Al-Haddad dalam membentuk kecerdasan spiritual santri, sehingga santri lebih termotivasi untuk mengamalkan Ratib Al-Haddad. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri yang sudah lama dan terbiasa membaca Ratib Al-Haddad memiliki kondisi kecerdasan spiritual yang terbentuk dengan baik. Hal ini berlaku dikarenakan keutamaan-keutamaan yang terkandung dalam bacaan zikir ratib al-haddad. Kesimpulannya, ketika Ratib Al-haddad diamalkan secara Istiqomah dalam jangka waktu tertentu memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk Kecerdasan Spiritual Santri Al-Qutub. Sedangkan Implementasi pembacaan Ratib Al-Haddad dalam membentuk Kecerdasan spiritual Santri Al-Qutub diawali dengan pembacaan nadham asma’ul husna kemudian dilanjutkan membaca Ratib Al-haddad. Menggunakan teknik dibaca keras, bersama-sama dan dipimpin oleh imam ratib. Dilaksanakan setiap hari selain hari jum’at dengan durasi kurang lebih 45 menit. Evalusi dilakukan secara berkala sebulan sekali dengan tetap tawakal akan hasilnya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ratib Al-Haddad, Kecerdasan Spiritual.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X5.2 Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:09
Last Modified: 10 Sep 2024 09:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8760

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item