Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Dzikir Asmaul Husna Di SD Negeri Rowocacing Kabupaten Pekalongan

Amrina, Arda Uliy (2024) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Dzikir Asmaul Husna Di SD Negeri Rowocacing Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319152_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2319152_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2319152_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dengan peserta didik di SD Negeri Rowocacing yang mayoritas sudah memiliki karakter yang mencerminkan karakter religius di lingkungan sekolah. Melihat hal tersebut pasti tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh para guru di SD Negeri Rowocacing. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan perilaku religius peserta didik salah satunya melalui pembiasaan Dzikir Asmaul Husna. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perilaku religius peserta didik melalui pembiasaan dzikir Asmaul Husna di SD Negeri Rowocacing, (2) untuk mendeskripsikan perilaku religius peserta didik sesudah pelaksanaan pembiasaan Dzikir Asmaul Husna di SD Negeri Rowocacing, (3) untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pembiasaan dzikir Asmaul Husna dalam meningkatkan perilaku religius peserta didik di SD Negeri Rowocacing Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model menurut Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perilaku religius peserta didik melalui (1) pembiasaan Dzikir Asmaul Husna bertujuan agar peserta didik lebih siap mengikuti pembelajaran, mampu menghafal dan terbiasa untuk membaca Asmaul Husna, (2) keteladanan guru dalam pelaksanaan pembiasaan Dzikir Asmaul Husna dan (3) pemberian motivasi berupa nasehat, pujian dan hukuman sedangkan perilaku religius peserta didik yang tertanam dari pelaksanaan pembiasaan Dzikir Asmaul Husna yaitu ketaatan, kedisiplinan dan kesopanan. Adapun faktor pendukungnya antara lain: sarana dan prasarana, dukungan dari pihak sekolah dan minat peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu peserta didik kurang fokus selama kegiatan, Guru mengawasi peserta didik dengan waktu yang terbatas di sekolah dan lingkungan peserta didik di luar sekolah seperti pergaulan teman dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru, Religius dan Asmaul Husna
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:11
Last Modified: 26 Aug 2024 03:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8775

Actions (login required)

View Item View Item