Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas Ii Di Mis Wonoyoso Kecamatan Buaran Kab. Pekalongan

Ulum, M. Daniyal (2024) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas Ii Di Mis Wonoyoso Kecamatan Buaran Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317055_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2317055_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2317055_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada pembelajaran fiqih terutama materi sholat upaya seorang Guru dalam mengembangkan kemampuan psikomotorik siswa adalah mempraktikan gerakan sholat secara bersama-sama, membuat presensi sholat diisi di rumah dan didampingi orang tua siswa, siswa dan orang tua banyak mengalami kendala dalam mengembangkan kemampuan psikomotorik siswa, salah satu kendalanya adalah kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran, keluarga yang sibuk sehingga tidak bisa mendampingingya. presensi sholat dapat diterapkan pada mata pelajaran salah satunya pada pembelajaran fiqih materi sholat, karena materi sholat merupakan materi yang sangat penting sehingga membutuhkan ketrampilan yang husus yang dipakai selama-lamanya dan dipertanggung jawabkan dihari akhir. Sehingga kalau siswanya mengalami kesulitan wajib bertanya. Berdasarkan latar belakang tersebut, muncul sebuah rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1). Bagaimana Upaya Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Pembelajaran Fiqih kelas II di MIS Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? (2). Apa saja kendala dan solusi dari Dalam Upaya Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik siswa pada Pembelajaran Fiqih kelas II di MIS Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dokumen, foto, administrasi sekolah, administrasi kelas yang ada di MIS Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIS Wonoyoso sudah mengembangkan kemampuan psikomotorik siswa pembelajaran fiqih materi sholat. Dengan cara upayanya yaitu : Membuat absensi sholat. Dengan adanya presensi sholat siswa mempunyai tanggung jawab dan mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar karena didampingi oleh salah satu keluarga siswa tersebut sehingga siswa menjalankan tugasnya dengan baik dan nantinya sudah terbiasa menjalankan sholat 5 waktu dengan benar baik dirumah maupun diluar rumah. ada beberapa kendala yang dialami diantaranya: siswa mau sholat karena ada yang mengawasi, kesibukan keluarga siswa, kurangnya pemahan materi. Adapun solusinya adalah presensi sholat diperiksa secara bertahap diluar sekolah, dalam sekolah mempraktikan yang tidak berangkat jadikan satu yang tidak tahu cari jam khusus untuk mempraktikan secara individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kemampuan Psikomotorik Siswa, Pembelajaran Fiqih
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:21
Last Modified: 05 Jul 2024 03:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8777

Actions (login required)

View Item View Item