Implementasi Metode Tamrinat Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Qur’an Santri di TPQ An-Nur Desa Ketitangkidul Kec. Bojong Kab. Pekalongan

Kadavi, Muammar (2024) Implementasi Metode Tamrinat Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Qur’an Santri di TPQ An-Nur Desa Ketitangkidul Kec. Bojong Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119008_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (929kB)
[img] Text
2119008_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Muammar Kadavi. 2024. Implementasi Metode Tamrinat Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Qur’an Santri Di TPQ An-Nur Desa Ketitangkidul Kec. Bojong Kab. Pekalongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing, Fatmawati Nur Hasanah, M. Pd. Kata Kunci : Metode Tamrinat, Baca Tulis Qur’an, Ustadz, Santri. Metode Tamrinat merupakan metode evaluasi di TPQ An-Nur, dimana metode ini diterapkan oleh ustadz atau pengajar kepada santri-santrinya. Rumusan masalah penelitian ini ialah Bagaimana implementasi Metode Tamrinat di TPQ An-Nur Desa Ketitangkidul dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Metode Tamrinat di TPQ An-Nur Desa Ketitangkidul. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana implementasi Metode Tamrinat di TPQ An-Nur Desa Ketitangkidul dan Guna mengetahui hal-hal yang mendukung dan menghambat pengimplementasian Metode Tamrinat di TPQ An-Nur Desa Ketitangkidul. Penelitian ini menggunakan metode pendekatakan kualitatif dengan jenis pendekatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini ialah sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Qur’an Santri di TPQ An-Nur Desa Ketitangkidul dibagi dalam 3 fase, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tiga hal tersebut tidak terlepas dari proses pembelajaran pada umumnya, khususnya pada pembelajaran menggunakan Metode Tamrinat, apalagi pembelajaran ini menggunakan strategi pembelajaran Drill, tentunya perlu sering melatih santri agar nantinya tujuan pembelajaran santri tercapai. Kemudian 3 fase tersebut dikolaborasikan ke teknik membaca, menulis, dan menghafal. Dalam pengimplementasian Metode Tamrinat, memiliki faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dalam menerapkan Metode Tamrinat adalah ruangan kelas yang mencukupi, terdapat buku khusus untuk menerapkan Metode Tamrinat, dan santri datang ke kelas tepat waktu. Adapun Faktor penghambat ialah santri absen dari tugas yang diberikan ustadz, santri tidak kondusif saat pembelajaran berlangsung, dan santri sering izin untuk ke toilet.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Tamrinat, Baca Tulis Qur’an, Ustadz, Santri.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:11
Last Modified: 05 Jul 2024 08:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8782

Actions (login required)

View Item View Item