Implementasi Konsep Ta’dīb dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sragi

Farokah, Umi (2024) Implementasi Konsep Ta’dīb dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sragi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120228_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120228_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Konsep ta’dīb sebagaimana konsep mendidik yang lebih tertuju kepada proses pembentukan akhlak atau kepribadian. Mengingat dunia pendidikan zaman sekarang terdapat fenomena merosotnya adab, seperti kurangnya sopan santun peserta didik kepada pendidik ketika didalam maupun diluar pembelajaran. Ilmu pengetahuan seakan tidak sebanding dengan peningkatan akhlak mulia. Dengan adanya implementasi ta’dīb diharapkan dapat membentuk peserta didik yang mempunyai akhlak yang baik sehingga proses pembelajaran berjalan dengan tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi konsep ta’dīb dalam pembentukan akhlak peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Sragi. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan konsep ta’dīb di SMP Negeri 3 Sragi. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui implementasi konsep ta’dīb dalam pembentukan akhlak dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat mengenai implementasikan konsep ta’dīb dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMP Negeri 3 Sragi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data tersebut peneliti peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan sumber data berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi konsep ta’dīb dalam pembentukan akhlak peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP negeri 3 Sragi yaitu melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode perhatian, metode hukuman dan metode keyakinan kelas. Adapun faktor pendukung terkait implementasikan konsep ta’dīb dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMP Negeri 3 Sragi meliputi adanya minat atau kesadaran dari setiap individu, perlu adanya hubungan personal guru agama dengan guru lainnya, adanya keseimbangan hubungan antara lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurang atau tidak adanya kesadaran akan pentingnya pendidikan khususnya pendidikan akhlak, tidak adanya kolaborasi antara lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, dan adanya tantangan zaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuasomah, MuasomahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konsep Ta’dīb, Pembentukan Akhlak, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:54
Last Modified: 07 Nov 2024 02:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8806

Actions (login required)

View Item View Item