Strategi Guru Dalam Pembelajaran Fikih Melalui Model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation) Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Kelas 5 MIS Wuled

Khasanah, Ismiatul (2024) Strategi Guru Dalam Pembelajaran Fikih Melalui Model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation) Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Kelas 5 MIS Wuled. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320092_COVER_BAB I DAN BAB 5.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2320092_FULL TEXT b5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
2320092_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan keterampilan kerja sama siswa kelas 5 MIS Wuled pada pembelajaran fikih belum sesuai yang diharapkan. Sebab, proses pembelajaran fikih masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga mengakibatkan siswa belum mampu memunculkan keterampilan kerja sama, bersikap individu dan sulit memahami materi fikih. Maka, proses pembelajaran harus bermakna dan dapat menumbuhkan keterampilan kerja sama, hal ini tidak lepas dari penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satunya model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi guru pada pembelajaran fikih dalam menumbuhkan keterampilan kerja sama siswa kelas 5 MIS Wuled?; 2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran fikih melalui model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation) untuk menumbuhkan keterampilan kerja sama kelas 5 MIS Wuled?. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun sumber data primer pada penelitian ini yaitu wawancara kepada kepala madrasah, guru mata pelajaran fikih kelas 5 dan siswa kelas 5 MIS Wuled, sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang mendukung penelitian ini, berupa silabus, RPP pembelajaran fikih kelas 5, dan dokumen-dokumen lain dalam melakukan penelitian di kelas 5 MIS Wuled. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi guru pada pembelajaran fikih dalam menumbuhkan keterampilan kerja sama siswa kelas 5 di MIS Wuled yaitu dengan menerapkan model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation). Proses pembelajaran fikih melalui model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation) untuk menumbuhkan keterampilan kerja sama siswa terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan, dilakukan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terletak di KD, indikator, model pembelajaran, penilaian ranah sikap serta kegiatan inti yang mampu menstimulus keterampilan kerja sama sehingga keterampilan kerja sama siswa tumbuh sesuai dengan yang diharapkan. Penentuan bahan atau materi ajar sesuai dengan kurikulum, pembuatan lembar kerja peserta didik, lembar jawaban kerja peserta didik, dan kuis untuk setiap bagian pelajaran serta menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan kerja sama siswa kelas 5 MIS Wuled. Tahap pelaksanaan terdiri dari beberapa langkah, yaitu: yaitu terletak pada kegiatan inti dimana guru fikih melakukan beberapa langkah yaitu: 1) mengatur siswa berkelompok dan menentukan topik, 2) merencanakan tugas yang dipelajari, 3) melaksanakan investigasi, 4) menyiapkan laporan akhir, 5) mengumpulkan laporan akhir, 6) evaluasi. Empat dari enam langkah pembelajaran diatas mampu menstimulasi keterampilan kerja sama siswa sehingga keterampilan kerja sama siswa tumbuh dan sesuai dengan yang diharapkan. Tahap evaluasi dengan mengevaluasi tiga ranah diantaranya; ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dari ketiga penilaian di atas hanya penilaian sikap yang mampu menstimulasi keterampilan kerja sama siswa dengan melihat perilaku siswa di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung yang diantaranya sikap tolong menolong, tanggung jawab dan toleransi. Hasil dari ketiga penilaian tersebut sangat baik, karena rata-rata nilai siswa yang tinggi. Keterampilan kerja sama siswa dapat tumbuh melalui model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation), hal ini terlihat dari sikap siswa memanfaatkan sumber belajar yang tersedia, berkelompok dan berdiskusi, siswa menyetujui dan paham dengan kesepakatan kelompok, mendiskusikan ketidaksepakatan di dalam kelompok, aktif membantu satu sama lain, saling pengertian, tanggung jawab, toleransi, serta pembagian tugas. Strategi pembelajaran fikih melalui model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation) pada pembelajaran fikih kelas 5 MIS Wuled efektif dalam menumbuhkan keterampilan kerja sama siswa. Implementasi model ini berhasil memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Meskipun terdapat beberapa faktor penghambat dalam penerapannya seperti tidak berfungsinya jaringan listrik, stop kontak atau lubang colokan yang mati di kelas 5, sementara faktor pendukung terdiri dari tersedianya ruang kelas yang cukup luas, proyektor, laptop, jaringan internet, dan sumber atau bahan ajar dalam menunjang kegiatan pembelajaran, serta antusiasme siswa tinggi terhadap model pembelajaran yang dipakai guru fikih dalam pembelajaran fikih.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fikih, Model Cooperative Learning (Tipe Group Investigation) dan Keterampilan Kerja Sama.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:42
Last Modified: 23 Aug 2024 09:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8846

Actions (login required)

View Item View Item