Strategi bimbingan islam dalam mengatasi perilaku membolos shalat berjamaah di panti Asuhan Yp Antik Kradenan Pekalongan

Mulyani, Sri (2024) Strategi bimbingan islam dalam mengatasi perilaku membolos shalat berjamaah di panti Asuhan Yp Antik Kradenan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520056_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3520056_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3520056_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Beberapa anak panti asuhan YP Antik Kradenan Pekalongan seringkali membolos shalat berjamaah. Hal ini terlihat karena kurangnya pengetahuan atau pemahaman anak tentang pentingnya dan hikmah shalat berjamaah. Oleh karena itu, diperlukan strategi bimbingan islam dengan metode serta materi islam untuk mengubah perilaku anak, agar menjadi pribadi yang lebih baik, dan mematuhi perintah allah SWT serta menjauhi laranganya. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu 1) bagaimana kondisi perilaku membolos shalat berjamaah di panti asuhan YP Antik Kradenan Pekalongan?, 2) bagaimana strategi bimbingan islam dalam mengatasi perilaku membolos shalat berjamaah di panti asuhan YP Antik Kradenan Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini untuk 1) untuk mengetahui kondisi perilaku anak yang membolos shalat berjamaah di panti asuhan YP Antik Kradenan Pekalongan dan 2) untuk mengetahui strategi bimbingan islam dalam mengatasi perilaku membolos shalat berjamaah di panti asuhan YP Antik Kradenan Pekalongan. Kegunaan penelitian ini menjadi bahan pengetahuan dan keilmuan dalam bidang bimbingan penyuluhan islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan. Adapun Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi perilaku anak yang membolos shalat berjamaah sebelum diberikan strategi bimbingan islam berupa metode dan materi islam kurang terdorong untuk melaksanakan shalat berjamah hal ini disebabkan oleh dua aspek internal dan eksternal seperti, kurangnya pemahaman agama,malas, bosan, kecapean, ketiduran, pengaruh lingkungan luar dan pengaruh teman sebaya. Dampaknya anak tidak akan disiplin dalam segala hal dan kurang bisa membangun tali persaudaraan sesama umat serta kurang dalam menjalin komunikasi.Setelah adanya strategi bimbingan islam anak berubah menjadi rajin, disiplin dalam melaksanakan kewajiban shalat berjamaah. Strategi yang digunakan dalam mengatasi perilaku membolos shalat berjamaah meliputi metode bimbingan islam yakni metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode penyadaran atau pemberi perhatian, dan metode hukuman. Materi yang diberikan meliputi aqidah, syari‟ah, dan akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAmin, M.Fuad AlUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Bimbingan Islam, Perilaku Membolos Shalat Berjamaah
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:15
Last Modified: 27 Sep 2024 08:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8852

Actions (login required)

View Item View Item