Fiqih, Widad Mukharrirotul (2024) Upaya guru pendidikan agama islam untuk meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur’an siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120002_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (677kB) |
|
Text
2120002_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Umat Islam di perintahkan untuk pandai membaca Al-Qur’an dengan fasih sesuai dengan kaidah bacaan ilmu tajwid, setelah itu memahami arti atau kandungan ayat agar dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kurang optimal, hal ini disebabkan oleh kurangnya minat dan semangat dari siswa dalam mengikuti pembelajaran ilmu Baca Tulis Al-Qur’an. Maka dari itu peneliti terdorong untuk meneliti permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Pekalongan, upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Pekalongan dan Apa faktor pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al- Qur’an siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa yang dilakukan dengan melihat guru ketika mengajar di dalam kelas, dan mengamati kondisi sekolah dan segala objek penelitian di sekolah. Wawancara dilakukan terhadap guru Pendidikan Agama Islam dan guru baca tulis Al-Qur’an. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, Jilid, Juz ‘Ama, Buku dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa berbeda-beda maka dari itu guru harus lebih mengenal kemampuan siswa agar saat pembelajaran bisa diterima setiap siswa dan juga agar timbul perubahan pada siswa dengan mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan bacaan yang benar dan kandungan makna-maknanya, dan memahami huruf-huruf hijiyahnya. Upaya guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa adalah membiasakan siswa membaca Al-Qur’an yang biasa disebut dengan sehatnya juz, guru memberikan motivasi kepada siswa dengan cara memberikan nasihat-nasihat, menumbuhkan minat siswa, dan menerapkan metode efektif yang digunakan Guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al- Qur’an. Faktor pendukung Guru PAI untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa adanya sarana prasarana yang tersedia di sekolah seperti jilid, juz ama, dan Al-Qur’an dan faktor penghambatnya yaitu karena kurangnya motivasi dan pengertian dari orang tua akan pentingnya mempelajari Al-Qur’an, kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya mempelajari Al-Qur’an, dan berbedanya kemampuan setiap anak yang berpengaruh pada metode pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan BTQ, upaya guru PAI, faktor pendukung dan penghambat | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 06:34 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 10:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8859 |
Actions (login required)
View Item |