Pelaksanaan strategi bimbingan kelompok dalam menangani kesulitan belajar pada siswa kelas 5 SD N Banyurip Ageng Pekalongan

Chikmah, Lailatul (2024) Pelaksanaan strategi bimbingan kelompok dalam menangani kesulitan belajar pada siswa kelas 5 SD N Banyurip Ageng Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520089_Cover_Bab I & Bab v.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3520089_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kesulitan belajar pada anak tidak hanya sekadar menjadi hambatan dalam memahami materi pelajaran. Salah satu elemen krusial yang memunculkan kesulitan belajar adalah perubahan dalam kurikulum Pendidikan. Meskipun tujuan dari perubahan kurikulum adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, sering kali dampaknya menghadirkan tantangan baru bagi siswa. Salah satu pendekatan yang telah terbukti efektif adalah strategi bimbingan kelompok. Melalui bimbingan kelompok, guru dapat memberikan bantuan yang lebih intensif kepada siswa yang memungkinkan siswa mengalami kesulitan belajar yang diakibatkan oleh perubahan kurikulum. Pada penelitian ini, peneliti merumuskan dua rumusan masalah yang akan diangkat ke dalam penelitian ini diantaranya bagaimana kesulitan belajar akibat perubahan kurikulum pada siswa kelas 5 SDN Banyurip Ageng Pekalongan dan bagaimana strategi bimbingan kelompok dalam menangani kesulitan belajar pada siswa kelas 5 SDN Banyurip Ageng Pekalongan. dengan adanya rumusan masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar siswa kelas 5 dalam perubahan kurikulum di SDN Banyurip Ageng Pekalongan dan untuk mendeskripsikan strategi bimbingan kelompok dalam menangani kesulitan belajar. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti berupa penelitian lapangan (field research) jenis kualitatif. Penelitian lapangan (field research). Data penelitian yang diambil berupa data primer yang didapatkan secara langsung dari sumber data utama atau responden berupa kepala sekolah, walikelas 5 dan siswa kelas 5 serta data sekunder didapat dari kajian literatur dari buku, skripsi, jurnal, dan lainnya. teknik pengumpulan data yang diterapkan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data menerapkan teknik analisis data milik Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa hasil yang didapat diantaranya adalah: (1) analisis kesulitan belajar pada siswa kelas 5 SDN Banyurip Ageng Pekalongan. (2) pelaksanaan strategi bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas 5 SDN Banyurip Ageng Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMarina, Ryan198909282022032001-
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Kesulitan Belajar, Perubahan Kurikulum
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:50
Last Modified: 28 Sep 2024 04:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8911

Actions (login required)

View Item View Item