Upaya Pelatih dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat di MSI 12 Pabean Kota Pekalongan

Safitri, Wulan Dwi (2024) Upaya Pelatih dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat di MSI 12 Pabean Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2320107_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320107_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Penurunan nilai karakter pada siswa yang saat ini sering terjadi seperti tawuran antar pelajar, siswa yang membolos sekolah, siswa yang sering datang terlambat, siswa yang tidak mengumpulkan tugas, siswa yang menyerobot antrian atau tidak mau menunggu giliran, serta siswa yang tidak taat pada aturan yang berlaku di sekolah menunjukan bahwa kedisiplinan siswa saat ini dinilai rendah. Hal inilah yang menjadi urgensi penerapan pendidikan karakter di lembaga pendidikan khususnya pada pendidikan dasar. Pendidikan karakter tidak hanya dapat diterapkan pada pembelajaran di dalam kelas atau melalui intrakurikuler saja tetapi dapat diwujudkan melalui kegiatan di luar jam pembelajaran seperti melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat. Melalui kegiatan latihanya pelatih dapat melakukan berbagai upaya dalam membentuk karakter disiplin siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya pelatih dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat serta apa saja hambatan dan solusi dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di MSI 12 Pabean Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana upaya pelatih dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di MSI 12 Pabean Kota Pekalongan sert mendeskripsikana apa saja hambatan dan bagaimana solusi dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di MSI 12 Pabean Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitianya yaitu penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini model Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan datanya dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh pelatih dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di MSI 12 Pabean Kota Pekalongan yaitu dengan memberikan contoh atau teladan, melakukan pembiasaan, menciptakan suasana kondusif, menetapkan peraturan, memberikan sanksi atau hukuman, memberikan penghargaan atau hadiah dan melaksanakan latihan rutin secara konsisten. Hambatan yang muncul yaitu: siswa yang malas latihan, wilayah sekolah yang rawan banjir, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan pemahaman siswa yang berbeda-beda. Solusi dalam menghadapi hambatan yang muncul yaitu: memberikan pemahaman dan motivasi, melaksanakan latihan gabungan di tempat lain, menggunakan peralatan pencak silat milik pribadi pelatih atau milik perguruan silat, melakukan pendekatan pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryanto, Andung DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya pelatih, Karakter disiplin, Ekstrakurikuler, Pencak Silat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:00
Last Modified: 26 Aug 2024 02:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8929

Actions (login required)

View Item View Item