Aspiya, Epa (2024) Strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam menanamkan nilai karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120099_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (805kB) |
|
Text
2120099_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Persoalan degradasi moral sekarang ini sudah menjadi rahasia umum, terutama degradasi moral terhadap rendahnya kesadaran dalam menjiwai ajaran agama yang terjadi pada masa usia remaja. Masa remaja adalah masa yang dianggap sebagai badai karena terdapat berbagai guncangan juga tekanan, emosi belum stabil dan merupakan masa stres (strom and stress). Hal ini menjadi tanggung jawab bersama antara lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat dalam menanamkan nilai karakter religius kepada anak, tidak hanya itu di lingkungan sekolah juga harus turut andil dalam hal tersebut. Penanaman karakter religius di lingkungan sekolah membutuhkan beberapa strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam agar karakter religius dapat tertananam maksimal kepada peserta didik. Oleh sebab itu, penelitian ini merumuskan beberapa poin rumusan masalah, yakni: 1) Apa saja strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Karanganyar?; 2) Apa saja nilai karakter religius yang ditanamkan oleh guru Pendidikan Agama Islam kepada siswa SMP Negeri 1 Karanganyar?; 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Karanganyar?. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memliki tujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam kelas VII dalam menanamkan karakter religius siswa, nilai – nilai apa saja yang terdapat dalam penanaman nilai karakter religius siswa, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung serta penghambat dalam menanamkan karakter religius siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi lapangan dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan sumber data ini diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan atau observasi dan dokumentasi. Penelitian kualitatif deskriptif – analitis ini berasal atau bersumber dari data primer (sumber data langsung) dan sekunder (sumber data tidak langsung). Dari hasil penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa strategi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam (PAI) SMP Negeri 1 Karanganyar yakni strategi pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, dan strategi kegiatan peringatan hari besar keagamaan. Nilai yang tertanam yakni nilai beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT., kedisiplinan, kemandirian, cinta Al – qur’an, gotong – royong, dan menghargai (toleransi). Dan faktor pendukung yang ada yakni memiliki sarana dan prasarana yang memadai, adanya pendidik yang berkompeten, dukungan dari orang tua. Faktor penghambatnya yaitu pengaruh lingkungan pergaulan teman sebaya, rendahnya kesadaran diri peserta didik, dan kurangnya jumlah guru PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Karakter religius, pendidikan agama islam (PAI), strategi guru | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 03:08 | ||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 01:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8938 |
Actions (login required)
View Item |