Mandakini, Nensi (2024) Implementasi pendidikan multikultural untuk meningkatkan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119240_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (944kB) |
|
Text
2119240_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat membantu dan mendukung kesinambungan terlaksananya pendidikan multikultural di suatu sekolah. Di SMA Negeri 1 Comal telah memasukkan nilai- nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. SMA Negeri 1 Comal merupakan sekolahan yang memiliki kondisi plural dikalangan siswa dan guru yang terdiri dari berbagai macam etnis, budaya, ras, bahkan agama yang berbeda. Oleh karena itu sikap toleransi beragama sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan sosial di lingkungan sekolah tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti memaparkan beberapa rumusan masalah yaitu: bagaimana implementasi pendidikan multikultural untuk meningkatkan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam ?, bagaimana bentuk-bentuk sikap toleransi beragama yang ada ?, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan multikultural untuk meningkatkan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Comal ?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan multikultural untuk meningkatkan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Comal, mengetahui bentuk-bentuk toleransi beragama serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang ada. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dimulai dari reduksi data, kemudian penyajian data, dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga langkah yang ditempuh guru dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural untuk meningkatkan sikap toleransi beragama melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Comal yaitu dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Bentuk-bentuk sikap toleransi beragama yang terdapat di SMA Negeri 1 Comal yaitu tidak membeda-bedakan siswa, menghargai perbedaan, saling menjaga dan tidak mengganggu, tolong menolong dan hidup berdampingan, dan memberikan hak beribadah setiap orang sesuai agama masing-masing. Adapun faktor pendukungnya antara lain: kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, serta sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kematangan emosional siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Multikultural, Toleransi Beragama, Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 07:50 | ||||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 10:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8960 |
Actions (login required)
View Item |