Penanaman nilai religius siswa melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di Mts Nu Tirto Pekalongan

Syarifudin, Mohammad (2024) Penanaman nilai religius siswa melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di Mts Nu Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117263_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2117263_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2117263_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkah laku diusia remaja yang masih labil, pada masa ini mereka harus dibiasakan dengan kegiatan yang dapat meningkatkan nilai religius pada diri mereka. Di sinilah peran lingkungan sekitar berpengaruh besar dalam pembentukan kepribadian setiap remaja. Melalui berbagai kegiatan yang baik, akan menciptakan budaya sekolah yang baik dengan menanamkan pembiasaan berdoa bersama, sholat berjamaah, tadarus al quran dan kajian kitab akan menjadikan siswa disiplin dan taat dalam beribadah, bersungguh – sungguh dalam belajar dan dapat menjadi pribadi yang berkakhlak baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penanaman nilai religius siswa melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MTs NU Tirto Pekalongan ? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamakan nilai religius siswa melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MTs NU Tirto Pekalongan ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pelaksanaan penanaman nilai religius siswa melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MTs NU Tirto Pekalongan. (2) Untuk mengeksplorasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penanaman nilai religius siswa melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MTs NU Tirto Pekalongan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di MTs NU Tirto Pekalongan. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, guru agama, dan siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, data display, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman Nilai Religius Siswa melalui Pembiasaan Kegiatan doa pagi bersama membaca asmaul husna dan sholawat tibbil qulub,sholat dhuha yang dilakukan secara berjamaah, tadarus al Quran bersama kajian kitab kuning, syair fiqih dan syair akhlak, sholat dhuhur berjamaah yang dilakukan di MTs NU Tirto Pekalongan terbukti dapat meningkatkan religiusitas siswa yang meliputi nilai ibadah, nilai akhlak, nilai disiplin dan ruhul jihad (2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Melaksanakan Penanaman Nilai Religius melalui Pembiasaan Kegiatan keagamaan diantaranya (a) faktor pendukungnya yaitu, profesionalitas guru sesuai bidangnya, siswa memiliki kesadaran tinggi (b) faktor penghambatnya adalah Sarana dan Prasarana kurang memadai, kedisiplinan siswa kurang, cuaca yang tidak menentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman, nilai religius, kegiatan keagamaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:51
Last Modified: 06 Aug 2024 02:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8971

Actions (login required)

View Item View Item