Studi Komparasi Maharah Kitabah Siswa Keturunan Arab Dan Non Arab Di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan

Khoiriyah, Inas Maftuhatul (2020) Studi Komparasi Maharah Kitabah Siswa Keturunan Arab Dan Non Arab Di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2022115068_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2022115068_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2022115068_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berangkat dari rasa ingin tahu peneliti mengenai kemampuan maharah kitabah antara siswa keturunan Arab dan siswa keturunan non Arab, apakah terdapat perbedaan atau tidak dan lebih unggul mana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maharah kitabah di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan, kemampuan maharah kitabah siswa keturunan Arab dan non Arab, Perbandingan maharah kitabah siswa keturunan Arab dan non Arab. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil berjumlah 45 siswa dan peneliti menggunakan sampel jenuh yaitu mengambil seluruh jumlah populasi yaitu 45 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa maharah kitabah siswa keturunan Arab dan siswa keturunan non Arab kelas VII di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan terdapat perbedaan yang signifikan, yaitu maharah kitabah siswa keturunan non Arab lebih unggul dari siswa keturunan Arab. Berdasarkan perhitungan IBM SPSS Statistics 22 diperoleh nilai t0 (t hitung) sebesar 0.082 dan nilai tt (t tabel) dalam taraf signifikansi 5% (0.04) sehingga t0 > tt yaitu 0.082 > 0.04 ( t hitung lebih besar dari t tabel) yang artinya bahwa H0 di tolak dan Ha di terima atau terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa keturunan Arab dan siswa keturunan non Arab. Sedang jika dihitung secara manual diperoleh nilai t hitung sebesar 0.0811 dan dalam taraf signifikasi 5% (0.004) sehingga t0 > tt yaitu 0.0811 > 0.04 ( t hitung lebih besar dari t tabel) yang artinya bahwa H0 di tolak dan Ha di terima atau terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa keturunan Arab dan siswa keturunan non Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Maharah Kitabah, Komparasi, Keturunan Arab, Keturunan non Arab.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:47
Last Modified: 10 Oct 2024 06:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9072

Actions (login required)

View Item View Item