Upaya guru dalam membimbing anak lamban belajar pada siswa kelas 1 di MIS Kuripan Kidul Kota Pekalongan

Marzuqi, Muhammad Ilham (2024) Upaya guru dalam membimbing anak lamban belajar pada siswa kelas 1 di MIS Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320088_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320088_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2320088_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada perkembangan setiap anak memiliki pemahaman dengan kecepatan yang berbeda. Beberapa anak mungkin belum mencapai tingkat kematangan kognitif yang diperlukan untuk mengikuti pelajaran dengan kecepatan yang diharapkan. Maka dari itu diperlukan peran seorang guru untuk memahami karakteristik anak-anak yang berbeda seperti anak lamban belajar hal ini diperlukan pembimbingan khusus yang dilakukan oleh seorang guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memberikan deskripsi upaya guru dalam membimbing anak lamban belajar pada siswa kelas 1 di MIS Kuripan Kidul Kota Pekalongan. (2) Untuk memberikan deskripsi mengenai faktor pendukung dan penghambat guru dalam membimbing anak lamban belajar pada siswa kelas 1 di MIS Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles, dan Huberman dan Saldana yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini upaya yang dilakukan guru dalam membimbing anak lamban belajar pada siswa kelas 1 di MIS Kuripan Kidul Kota Pekalongan melalui beberapa upaya diantaranya Pertama, pendekatan individual. Kedua, cara pengajaran dan materi. Ketiga, motivasi. Keempat, relasi guru dan siswa. Kelima, pembelajaran remedial selain itu terdapat juga faktor pendukung dan penghambat guru dalam membimbing anak lamban belajar pada siswa kelas 1 di MIS Kuripan Kidul Kota Pekalongan yaitu, faktor pendukung diantaranya Pertama, adanya sarana dan prasarana yang mendukung. Kedua, dukungan pendidik sejawat dan tenaga kependidikan. Ketiga, adanya dukungan penuh kepala sekolah. Keempat, adanya kesadaran peserta didik. Kelima, dukungan orang tua peserta didik. sedangkan yang menjadi faktor penghambat upaya guru dalam membimbing anak lamban belajar pada siswa kelas 1 di MIS Kuripan Kidul diantaranya Pertama, lingkungan bermain. Kedua, kurangnya keharmonisan keluarga (broken home). Ketiga, pemahaman anak yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Membimbing, Anak Lamban
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:24
Last Modified: 30 Aug 2024 03:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9089

Actions (login required)

View Item View Item