Pengaruh Kemudahan Akses, Penggunaan Layanan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko, terhadap minat bertransaksi ulang menggunakan Mobile Banking di Era Cashless Society. (Studi Kasus Para Nasabah Mobile Banking di Kabupaten Pekalongan)

Dewi, Rika (2024) Pengaruh Kemudahan Akses, Penggunaan Layanan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko, terhadap minat bertransaksi ulang menggunakan Mobile Banking di Era Cashless Society. (Studi Kasus Para Nasabah Mobile Banking di Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4120110_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4120110_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

RIKA DEWI, Pengaruh Kemudahan Akses, Penggunaan Layanan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko, terhadap minat bertransaksi ulang menggunakan Mobile Banking di Era Cashless Society. (Studi Kasus Para Nasabah Mobile Banking di Kabupaten Pekalongan). Pembimbing : Indah Purwanti, M.T. Perkembangan teknologi dan komunikasi pada era sekarang ini tumbuh sangat pesat, Salah satu sektor yang ikut terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah industri perbankan. Mobilitas dan tuntutan hidup yang semakin tinggi meminta kita untuk melakukan transaksi perbankan secara cepat dimana saja, teknologi informasi yang pesat telah mempengaruhi industri perbankan, salah satu bentuk penggunaan teknologi informasi yaitu mobile banking. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Kemudahan Akses, Penggunaan Layanan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko, terhadap minat bertransaksi ulang menggunakan Mobile Banking di Era Cashless Society. (Studi Kasus Para Pengguna Mobile Banking di Kabupaten Pekalongan) Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna mobile banking di Kabupaten Pekalongan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 97 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen yaitu dengan uji validitas dan realiabilitas, kemudian menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, lalu uji hipotesis yang digunakan yaitu dengan uji t dan uji F dan yang terakhir yaitu uji koefisien determinasi (R²) dengan bantuan SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa perbedaan dengan penelitian sebelumnya, seperti objek dan jumlah sampel tetapi untuk hasil analisis memiliki persamaan dengan penelitian sebelumnya, meskipun dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan pertimbangan tertentu yang berbeda dengan penelitian sebelumnya, berdasarkan dari hasil uji yang telah dilakukan hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial variabel kemudahan akses berpengaruh terhadap minat bertransaksi, secara parsial variabel penggunaan layanan berpengaruh terhadap minat bertransaksi, secara parsial variabel kepercayan berpengaruh terhadap minat bertransaksi, dan secara parsial variabel persepsi risiko berpengaruh terhadap minat bertransaksi. Kata Kunci : Kemudahan Akses, Penggunaan Layanan, Kepercayaan, Persepsi Risiko, dan Minat Bertransaksi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurwanti, IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemudahan Akses, Penggunaan Layanan, Kepercayaan, Persepsi Risiko, dan Minat Bertransaksi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:16
Last Modified: 18 Jul 2024 07:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9111

Actions (login required)

View Item View Item