Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Berlatar Belakang Non-Pendidikan Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Bahasa Arab MI Nurul Huda Karangtalok Pemalang

Nailia, Fahmiatun Ni'mah (2024) Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Berlatar Belakang Non-Pendidikan Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Bahasa Arab MI Nurul Huda Karangtalok Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220132_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220132_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini menganalisis kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru. Kompetensi pedagogik mencakup kemampuan guru dalam merancang, mengelola, dan mengevaluasi proses pembelajaran secara efektif. Kompetensi profesional meliputi penguasaan materi ajar, metodologi, dan kemampuan menerapkannya dalam pengajaran. Fokus penelitian adalah pada guru bahasa Arab yaitu guru yang memiliki tugas dalam mengajar bahasa Arab namun tidak memiliki latar belakang pendidikan formal dalam bidang tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : bagaimanakah kompetensi pedagogik guru bahasa Arab yang berlatar belakang non-pendidikan bahasa Arab, bagaimanakah kompetensi profesional guru bahasa Arab yang berlatar belakang non-pendidikan bahasa Arab dan bagaimanakah upaya sekolah dalam mengatasi kesenjangan profesionalitas dampak kekurangan tenaga pendidik yang berlatar belakang pendidikan bahasa Arab dalam penyerahan pengajaran bahasa Arab?.Jenis penelitian ini adalah penelitian field research. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: kompetensi pedagogik guru bahasa Arab yang berlatar belakang non-pendidikan bahasa Arab di MI Nurul Huda Karangtalok telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam berbagai aspek pembelajaran bahasa Arab. Meskipun mungkin ada kesenjangan antara teori dan praktik, namun para guru secara keseluruhan menunjukkan kompetensi yang baik dalam memahami peserta didik, merancang pembelajaran bahasa Arab, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar, dan mengoptimalkan potensi siswa, sedangkan kompetensi profesional guru bahasa Arab menunjukkan hasil yang optimal dan hampir secara keseluruhan sesuai dalam aspek pembelajaran bahasa Arab. Meskipun ada beberapa yang masih harus ditingkatkan, namun para guru secara keseluruhan menunjukkan kompetensi yang baik dalam menguasai materi, memahami perangkat ajar, melaksanakan pembelajaran yang inovatif, merefleksi profesionalismenya, dan mengembangkan diri sebagai guru bahasa Arab. Adapun upaya sekolah dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu hanya dengan mendukung para guru bahasa Arab untuk aktif mengikuti MGMP dan KKG serta pemanfaatan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Guru Bahasa Arab, Non-Pendidikan Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:22
Last Modified: 18 Jul 2024 08:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9112

Actions (login required)

View Item View Item