Upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI dI SMP Negeri 3 Kajen

Salsabila, A’isyi (2024) Upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI dI SMP Negeri 3 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2120018_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120018_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2120018_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Indonesia merupakan negara majemuk yang memiliki beragam agama, ras, suku, bangsa dan bahasa. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara multikultural terbesar di dunia. Oleh sebab itu keberagaman tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya konflik. Di Indonesia sudah banyak terjadi konflik dalam hal tersebut. Salah satu yang menyorot adalah konflik agama. Aksi-aksi mengatasnamakan agama tersebut memberi kesan seakan bahwa ajaran agama memerintahkan untuk membunuh golongan yang berbeda yang tidak sepaham. Pada tahun 2017, Mata Air Foundation dan Avara Research melakukan survei terkait dengan moderasi beragama terhadap 2400 peserta didik SMA dan 1800 mahasiswa di 25 kota dan kampus-kampus ternama di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa 23,4% mahasiswa didik dan 23,3% peserta didik SMA terpapar oleh paham radikal. Oleh sebab itu lembaga pendidikan memiliki peranan yang cukup besar dalam menanamkan paham moderasi beragama di Indonesia. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Upaya Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka peneliti menguraikan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen? Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: untuk mengetahui bagaimana upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yakni menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan fotografi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini yakni menggunakan teknik triangulasi metode, triangulasi antar-peneliti, triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data pada penelitian ini menjadi beberapa tahap yakni redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen sudah ditanamkan, antara lain: 1) Tawasuṭ 2) Tawãzun 3) I’tidãl 4) Tasãmuḥ 5) Musãwãh 6) Syura 7) Iṣlaḥ 8) Aulawiyãh 9) Taṭawwur wa ibtikãr 10) Taḥaḍur. Nilai-nilai tersebut ditanamkan pada kegiatan pembelajaran di kelas melalui kegiatan diskusi, role model (keteladan), pemberian nasehat dan kegiatan pembiasaan. Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen. Fakor pendukung antara lain: 1) Guru yang profesional 2) Fasilitas dan budaya sekolah yang mendukung 3) Banyaknya kegiatan keagamaan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: 1) Peserta didik kurang memahami moderasi beragama 2) Pengaruh media sosial 3) Kurang dukungan dari orang tua 5) Minimnya literasi 6) Kurangnya motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa`rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-nilai Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:03
Last Modified: 06 Aug 2024 02:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9121

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item