Pengaruh green marketing dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian produk unilever dengan brand equity sebagai variabel intervening(Studi Kasus Konsumen di Kota Pekalongan)

Kurnia, Fifiani Dwi (2024) Pengaruh green marketing dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian produk unilever dengan brand equity sebagai variabel intervening(Studi Kasus Konsumen di Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4120103_Cover, Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4120103_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Adanya kesadaran masyarakat mengenai isu lingkungan membuat perusahaan berusaha melakuan strategi pemasaran yang mengusung konsep ramah lingkungan, salah satunya yaitu dengan penerapan strategi pemasaran hijau dan melakukan suatu tanggung jawab sosial (CSR) guna untuk memenangkan daya saing dan meningkatkan ekuitas merek suatu produk. Masyarakat akan melakukan keputusan membeli suatu produk apabila produk tersebut dipasarkan dengan baik, dapat memberikan nilai tambah, dan mampu memenuhi kebutuhan serta aspirasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing dan CSR terhadap keputusan pembelian produk Unilever dengan brand equity sebagai variabel intervening (studi kasus konsumen di Kota Pekalongan). Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian lapangan dengan metode survey cross sectional melalui pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 97 responden yakni pada konsumen produk Unilever yang berada di wilayah Kota Pekalongan. Teknik Pengambilan sampel menggunkan probability sampling melalui pendekatan accidental sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online melalui G-form. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur melalui bantuan aplikasi SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) green marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand equity, (2) CSR berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand equity, (3) green marketing berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) CSR berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (5) brand equity berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (6) green marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand equity, (7) CSR berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand equity.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEffendi, Bahtiar198510012019081001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Green Marketing, CSR, Brand Equity, Keputusan Pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:47
Last Modified: 18 Jul 2024 08:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9139

Actions (login required)

View Item View Item